Mimpi menjadi pengantin

Barang siapa mimpi bahwa ia menjadi pengantin, lagi pula ia kenal dan mengerti nama wanitanya, maka sebagai ta'birnya dia akan kawin. Atau akan menjabat suatu jabatan atau akan memiliki sesuatu, dia akan mati atau dibunuh atau ia akan mati syahid. Namun jika ia tidak kenal dan tidak faham nama wanitanya maka dapat mengandung ta'bir dia akan mati atau dibunuh atau ia akan mati syahid.
Mimpi cerai


Barang siapa mimpi menceraikan istrinya maka ia akan dipecat dari jabatan yang dipangkunya.

Mimpi melihat darah

Barang siapa yang mimpi melihat darah mengalir dari badannya tanpa luka, atau mimpi pada jasadnya terdapat mata air yang mengeluarkan darah atau nanah lagi pula pada badannya terdapat lumuran darah maka sebagai pertanda bahwa ia akan memperoleh harta yang harom sesuai kadar darah yang mengalir darinya.

Dan jika badannya atau pakaiannya tidak berlumuran darah, maka ia akan terlepas dari keputusan yang telah ditetapkan padanya sesuai kadar darah atau nanah yang mengalir padanya.

Mimpi pada badannya tumbuh buku daging atau luka atau nanah atau bisul atau bintik-bintik maka ia akan mendapat harta menurut waktu kejadian hal-hal itu.
Setiap perkara yang bertambah pada badannya, seperti lemak dan bengkak boleh mengandung ta'bir tentang harta benda.

Penyakit kusta dapat mengandung ta'bir harta yang dapat melebihi dari pada ta'bir mimpi tentang bengkak pada badan.
Belang kulit mengandung ta'bir harta dan pakaian.
Gila juga mengandung ta'bir tentang harta. Hanya saja harta itu dibelanjakan pada hal-hal yang kurang berfaedah.

Tuak mengandung ta'bir tentang harta dari pemerintah, jika tuak tersebut termasuk minuman. Apabila tidak, maka ta'birnya tidaklah baik. (lihat kembali artikel yang berkaitan tentang arti mimpi mengenai minuman).

Kekurangan pada badan, seperti kurus dan lemah kesemuanya itu ta'birnya tidak baik. Kekuatan pada agama dan hal-hal yang lain.

Mimpi memikul beban yang berat maka ia akan tertimpa kesusahan dan kesedihan.

Mimpi tentang benda-benda kotoran yang keluar dari perut manusia atau binatang maka boleh dita'birkan tentang harta.
Jika kotoran itu berbau busuk, maka ta'birnya adalah harta yang harom. Jika tidak begitu busuk, maka ta'birnya adalah harta yang didapat itu sedikit saja dosa dan haromnya.

Kotoran binatang yang harom dimakan dagingnya mengandung ta'bir harta yang harom.
Mimpi bahwasanya ia berlumuran kotoran atau terkena pada pakaiannya atau memilikinya atau menyimpannya maka ta'bir kesemuanya itu adalah harta yang harom.

Sedangkan mimpi ia mengeluarkan hadats (berak,kencing dan kentut) dan sedemikian pula berhadats dengan sesuatu yang berbahaya boleh mengandung ta'bir ia akan mengeluarkan harta menurut sedikit banyaknya dari hadats yang dikeluarkan.

Andaikata yang keluar itu banyak sehingga seumpama dengan Lumpur, hujan dan banjir maka ta'birnya tidak baik sama sekali. Kadang diartikan ia akan mengalami ketakutan yang berasal dari penguasa.

Mimpi berhadats dengan sesuatu yang tidak biasa keluar darinya, seperti: darah, ulat, kutu, nanah dan sebagainya maka mengandung ta'bir ia akan berpisah dengan harta dan keluarganya.

Mimpi mengeluarkan kentut dengan bersuara maka bermaksud ia akan menceritakan sesuatu hal yang akan ditertawakan oleh orang yang mendengarnya.

Mimpi dari lubang anusnya keluar darah. Maka jika darahnya melumurinya niscaya ia mendapat harta menurut banyak darah yang keluar darinya.
Mimpi bahwa ia meludah mengandung maksud ia akan memberi informasi yang akan dikutip oleh orang lain.

Batuk

Mimpi tentang batuk mengandung ta'bir ia akan mengadukan masalah pada orang lain. Mimpi sesungguhnya ia merasa muak dapat mengandung maksud ia akan menjadi marah dan mengeluarkan ucapan yang tidak senonoh.

Muntah dan mengeluarkan air wadi

Mengandung ta'bir tentang taubat dan kembali pada pangkal jalan. Wadi ialah air yang keluar dari kemaluan manusia dengan warna putih lagi yang pekat, sesudah keluar air kencing. Jika mimpi muntah yang bau dan rasanya tidak busuk maka boleh mengandung ta'bir ia bertaubat kepada Alloh SWT dengan sebenar-benar taubat. Dan ia tinggalkan perbuatan maksiat dengan sendirinya (tanpa paksaan). Namun jika baunya busuk maka mengandung maksud akan terjadi suatu kejahatan atas dirinya dan terasa sakit dalam hatinya.

Bekam

Bermimpi bahwa dia berbekam dan tidak diketahui bekamnya mengandung ta'bir ia akan melakukan suatu perjanjian, atau mengikut pada suatu amanat. Akan tetapi jika bekamnya telah diketahui maka bermakna ia akan kehilangan sesuatu dari harta bendanya. Dan jika ia berbekam pada batang leher maka pertanda bahwa ia sudah berkurang sifat amanahnya.

Keluar darah dari hidung

Boleh mengandung ta'bir mengenai kesehatan badan yang akan dialaminya. Kadang-kadang boleh dita'biri dengan kemerosotan harta, kehormatan dan permodalannya.

Buang darah canduk

Memberi pengertian ta'bir dengan harta yang wajib dikeluarkan untuk penguasa. Dan jika darahnya diambil dari mangkuknya maka ta'birnya ia akan menderita sakit dan mengeluarkan belanja untuk isterinya. Menurut ta'bir lain ia membelanjakan untuk dirinya sendiri.
Berlumuran darah, kotoran dan benda-benda yang keluar dari badannya menunjukkan ta'bir harta yang tidak baik.

Hikayat yang berkaitan dengan hal ini
Seorang lelaki datang kepada Syeikh Muhammad bin Sirrin seraya berkata: "Aku bermimpi seolah-olah rambut kepalaku dicukur (menurut riwayat lain: "kepalaku terputus)".

Beliau menjawab: "Hamba sahayamu akan berpisah denganmu, karena ia merdeka. Atau boleh jadi ta'bir mimpimu itu kamu akan mati".
Menurut kenyataan yang terjadi memang laki-laki itu tidak hidup lebih lama dari lima atau enam hari saja, lalu matilah dia.

0 komentar:

Agenda Harian

Semoga kita senantiasa terpacu untuk mengukir prestasi amal yang akan memperberat timbangan kebaikan di yaumil akhir, berikut rangkaian yang bisa dilakukan

1. Agenda pada sepertiga malam akhir

a. Menunaikan shalat tahajjud dengan memanjangkan waktu pada saat ruku’ dan sujud di dalamnya,

b. Menunaikan shalat witir

c. Duduk untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah hingga azan subuh

Rasulullah saw bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

“Sesungguhnya Allah SWT selalu turun pada setiap malam menuju langit dunia saat 1/3 malam terakhir, dan Dia berkata: “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, dan barangsiapa yang meminta kepada-Ku maka akan Aku berikan, dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni”. (HR. Bukhari Muslim)


2. Agenda Setelah Terbit Fajar

a. Menjawab seruan azan untuk shalat subuh

” الَّلهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي وَعَدْتَهُ “

“Ya Allah, Tuhan pemilik seruan yang sempurna ini, shalat yang telah dikumandangkan, berikanlah kepada Nabi Muhammad wasilah dan karunia, dan bangkitkanlah dia pada tempat yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. (Ditashih oleh Al-Albani)

b. Menunaikan shalat sunnah fajar di rumah dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا

“Dua rakaat sunnah fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya”. (Muslim)

وَ قَدْ قَرَأَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي رَكْعَتَي الْفَجْرِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدَ

“Nabi saw pada dua rakaat sunnah fajar membaca surat “Qul ya ayyuhal kafirun” dan “Qul huwallahu ahad”.

c. Menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid –khususnya- bagi laki-laki.

Rasulullah saw bersabda:

وَلَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِي الْعَتْمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sekiranya manusia tahu apa yang ada dalam kegelapan dan subuh maka mereka akan mendatanginya walau dalam keadaan tergopoh-gopoh” (Muttafaqun alaih)

بَشِّرِ الْمَشَّائِيْنَ فِي الظّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّوْرِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Berikanlah kabar gembira kepada para pejalan di kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat”. (Tirmidzi dan ibnu Majah)

d. Menyibukkan diri dengan doa, dzikir atau tilawah Al-Quran hingga waktu iqamat shalat

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ

“Doa antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak” (Ahmad dan Tirmidzi dan Abu Daud)

e. Duduk di masjid bagi laki-laki /mushalla bagi wanita untuk berdzikir dan membaca dzikir waktu pagi

Dalam hadits nabi disebutkan:

كَانَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” إَذَا صَلَّى الْفَجْرَ تَرَبَّعَ فِي مَجْلِسِهِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ الْحَسَنَاءُ

” Nabi saw jika selesai shalat fajar duduk di tempat duduknya hingga terbit matahari yang ke kuning-kuningan”. (Muslim)

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran.

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya waktu fajar itu disaksikan (malaikat). (Al-Isra : 78) Dan memiliki komitmen sesuai kemampuannya untuk selalu:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah lebih banyak dari itu semua, maka akan menuai kebaikan berlimpah insya Allah.

3. Menunaikan shalat Dhuha walau hanya dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

“Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan sedekahnya, setiap hari ketika matahari terbit. Mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah, menolong orang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkat kan barang ke atas kendaraannya adalah sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, tiap-tiap langkahmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan membersihkan rintangan dari jalan adalah sedekah”. (Bukhari dan Muslim)

4. Berangkat kerja atau belajar dengan berharap karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمِلِ يَدِهِ، وَكَانَ دَاوُدُ لا يَأْكُلُ إِلا مِنْ عَمِلِ يَدِهِ

“Tidaklah seseorang memakan makanan, lebih baik dari yang didapat oleh tangannya sendiri, dan bahwa nabi Daud makan dari hasil tangannya sendiri”. (Bukhari)

Dalam hadits lainnya nabi juga bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang berjalan dalam rangka mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”. (Muslim)

d. Menyibukkan diri dengan dzikir sepanjang hari

Allah berfirman :

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Ketahuilah dengan berdzikir kepada Allah maka hati akan menjadi tenang” (Ra’ad : 28)

Rasulullah saw bersabda:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللهَ أَنْ تَمُوْتَ ولسانُك رَطْبٌ من ذِكْرِ الله

“Sebaik-baik perbuatan kepada Allah adalah saat engkau mati sementara lidahmu basah dari berdzikir kepada Allah” (Thabrani dan Ibnu Hibban) .

5. Agenda saat shalat Zhuhur

a. Menjawab azan untuk shalat Zhuhur, lalu menunaikan shalat Zhuhur berjamaah di Masjid khususnya bagi laki-laki

b. Menunaikan sunnah rawatib sebelum Zhuhur 4 rakaat dan 2 rakaat setelah Zhuhur

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang shalat 12 rakaat pada siang dan malam hari maka Allah akan membangunkan baginya dengannya rumah di surga”. (Muslim).

6. Agenda saat dan setelah shalat Ashar

a. Menjawab azan untuk shalat Ashar, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan shalat Ashar secara berjamaah di masjid

b. Mendengarkan nasihat di masjid (jika ada)

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يَعْلَمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حِجَّتُهُ

“Barangsiapa yang pergi ke masjid tidak menginginkan yang lain kecuali belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya ganjaran haji secara sempurna”. (Thabrani – hasan shahih)

c. Istirahat sejenak dengan niat yang karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

وَإِنَّ لِبَدَنِكَ عَلَيْكَ حَقٌّ

“Sesungguhnya bagi setiap tubuh atasmu ada haknya”.

Agenda prioritas:

Membaca Al-Quran dan berkomitmen semampunya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan, maka akan menuai kebaikan yang berlimpah insya Allah.

7. Agenda sebelum Maghrib

a. Memperhatikan urusan rumah tangga – melakukan mudzakarah – Menghafal Al-Quran

b. Mendengarkan ceramah, nasihat, khutbah, untaian hikmah atau dakwah melalui media

c. Menyibukkan diri dengan doa

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

“Doa adalah ibadah”

8. Agenda setelah terbenam matahari

a. Menjawab azan untuk shalat Maghrib

b. Menunaikan shalat Maghrib secara berjamaah di masjid (khususnya bagi laki-laki)

c. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Maghrib – 2 rakaat

d. Membaca dzikir sore

e. Mempersiapkan diri untuk shalat Isya lalu melangkahkan kaki menuju masjid

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa yang bersuci/berwudhu kemudian berjalan menuju salah satu dari rumah-rumah Allah untuk menunaikan salah satu kewajiban dari kewajiban Allah, maka langkah-langkahnya akan menggugurkan kesalahan dan yang lainnya mengangkat derajatnya”. (Muslim)

9. Agenda pada waktu shalat Isya

a. Menjawab azan untuk shalat Isya kemudian menunaikan shalat Isya secara jamaah di masjid

b. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Isya – 2 rakaat

c. Duduk bersama keluarga/melakukan silaturahim

d. Mendengarkan ceramah, nasihat dan untaian hikmah di Masjid

e. Dakwah melalui media atau lainnya

f. Melakukan mudzakarah

g. Menghafal Al-Quran

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran dengan berkomitmen sesuai dengan kemampuannya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan bacaan maka telah menuai kebaikan berlimpah insya Allah.


Apa yang kita jelaskan di sini merupakan contoh, sehingga tidak harus sama persis dengan yang kami sampaikan, kondisional tergantung masing-masing individu. Semoga ikhtiar ini bisa memandu kita untuk optimalisasi ibadah insya Allah. Allahu a’lam

Jazaakillah

Sedikit revisi dari : http://www.al-ikhwan.net/agenda-harian-ramadhan-menuju-bahagia-di-bulan-ramadhan-2989/

Isi Blog

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.