Syed Muhammad Naquib al-Attas termasuk ilmuan Islam kontemporer yang mempunyai pemikiran mendalam, detail dan cukup rumit. Bagi orang orang yang akrab dengan pemikirannya mungkin dengan mudah menelusuri alur diskusi yang dikembangkannya. Namun bagi yang belum terbiasa akan menemukan batu sandungan dalam memahaminya. Termasuk dalam hal ini adalah tentang intuisi. Tulisan ini ingin mengungkap secara singkat apa sebenarnya yang dimaksud intuisi dalam pemikiran al-Attas? Di mana posisi intuisi dalam keilmuan? Dan apa pentingnya intuisi ini?

Intuisi bagi al-Attas adalah pemerolehan ilmu di peringkat yang tinggi, iaitu di peringkat istimewa yang hanya dialami oleh orang-orang tertentu (khawas atau khawas al-khawas), di mana sampainya ilmu merupakan proses yang cepat dan langsung tanpa batas-batas sujek-objek, partikular-partikular, dan keberagaman pada aspek eksternal manusia. Inilah intuisi yang merupakan kondisi ihsan bagi kalangan Sufi.

Berkaitan dengan hakekat intuisi ini, al-Attas kemudian mengatakan bahwa ilmu itu “The arrival in the soul of the meaning of a thing or an object of knowledge; and the arrival of the soul at the meaning of a thing or an object of knowledge.” (lihat al-Attas dalam The Concept of Education, h. 17)

Melalui informasi dari wahyu, al-Attas menyatakan, intuisi ini sangat mungkin terjadi kepada manusia. Ini bisa dilihat dari tiga konsep yang berkaitan erat dengan pembahasan intuisi ini, yakni tentang kosmologi (cosmology); tentang eksistensi manusia (human existence); dan tentang adanya peran dominan di luar akal diri manusia (beyond human mind). Dari sisi kosmologi, manusia dan makluk yang lain adalah entitas terendah dari tingkatan-tingkatan kewujudan dalam kosmos Allah. Oleh karena itu, apabila menyadari tentang hal ini, maka ada kemungkinan besar, berdasarkan sudut pandang eksistensi diri manusia yang boleh melintasi pengalaman fisik, maka kemungkinan sampainya manusia kepada makna-makna intuitif itu sangat besar. Belum lagi, ketika dominasi peranan di luar diri manusia memang tidak boleh dibantah lagi, apakah itu yang disebut Ruh al-Quds, ’Alam al-Mithal dan al-Mala’ al-A’la, apabila manusia betul-betul menyadari ini dan mencoba melaksnakan peraturan agama dengan baik, menghindari diri dari larangan Allah, maka ilmu intuitif itu akan semakin nyata baginya. Oleh karena itu, untuk memperoleh pengalaman intuitif ini, perlu persiapan, latihan, dan pendisiplinan diri seseorang.

Terkait dengan dengan hal ini, al-Attas menyatakan: “Intuition comes to a man when he is prepared for it; when his reason and experience are trained and disciplined to receive and interpret it. But whereas the levels of intuition to which rational and empirical methods might lead refer only to spesific aspects of the nature of reality, and not to the whole of it, the levels of intuition at the higher levels of human consciousness to which prophets and saints attain give direct insight into the nature of reality as a whole. (lihat al-Attas dalam Islam and The Philosophy of Science, h. 12)

Bahkan para nabi, para wali dan orang-orang saleh juga perlu melalui latihan-latihan untuk menerima dan menafsirkan ilmu intuitif ini. Latihan dan pendisiplinan ini tidak sekedar luaran diri manusianya, tapi aspek dalamannya, di mana aspek dalaman ini inti kepada dirinya, dan itulah yang mempunyai kapasitas mengenal hakekat kebenaran.
Dari sisi ini, nampaknya pendisiplinan jiwa ini mempengaruhi konsep pendidikannya yang disebut dengan adab. Sebab, konsep pendidikan al-Attas adalah pendisiplinan pikiran dan jiwa. Orang yang pikiran dan jiwanya sudah terlatih dan disiplin, maka sudah memasuki kategori orang saleh (good man) yang siap menerima ilmu intuitif. Orang yang paling sempurna jiwanya adalah nabi Muhammad Saw. Oleh karena itu, beliaulah profil manusia sempurna (insan kamil) yang mempunyai kapasitas sempurna menerima semua level ilmu, termasuk ilmu intuitif.

Intuisi dalam pemikiran al-Attas boleh dibagi kepada dua: level biasa dan level di atas biasa. Level biasa adalah yang dialami oleh manusia pada umumnya, yaitu pemerolehan ilmu yang datang secara tiba-tiba, secara inspiratif, melalui perenungan dan pencarian bukti-bukti rasional yang kemudian melahirkan inspirasi tertentu. Ini yang disebut hads. Level ini adalah merujuk kepada bagian pertama dari definisi ilmu al-Attas, yakni “sampainya jiwa kepada makna”. Dengan kata lain, inspirasi intuitif itu adalah upaya sendiri orang tersbeut. Berbeda dengan level biasa adalah level di atasnya, yaitu level widjan. Level ini merujuk kepada bagian kedua dari definisi ilmunya, iaitu ”sampainya makna kepada jiwa”. Dengan kata lain, ilmu itu memang dicurahkan kepadanya, bukan dicari olehnya. Dari kedua level ini, instrumen yang digunakan untuk memeroleh ilmu ini berbeda. Level yang pertama menggunakan panca indera dan penalaran pada umumnya. Sedangkan level yang kedua menggunakan instrumen spiritual, yaitu kasyf dan dhauq, hudur, shuhud, dan ahwal. Ini bukan berarti akal dan panca indera tidak digunakan pada level ini, tapi sudah mengalami konvertasi dari yang biasa kepada yang luar biasa, yaitu rasional dikonvert kepada intelektual dan empirical kepada pengalaman spiritual yang otentik (outhentic spiritual experience). Jadi instrumen di tingkat biasa masih valid dan sah digunapakai.

Sementara itu, berbicara jenis ilmu yang diperoleh intuisi ini, sepertinya apa yang boleh dipahami dari konsepsi yang al-Attas uraikan adalah boleh dikatakan ilmu-ilmu itu mempunyai peringkat-peringkat, paling tidaknya boleh dibagi kepada tiga: pertama, laisa bi ilm; kedua, shibhu ilm; dan ketiga, ilm. Ini seperti yang pernah dijelaskan oleh Dr Syamsuddin Arif, salah satu murid al-Attas, dalam satu kajian rutin Insists Malaysia beberapa waktu silam.

Pertama, ketidaktahuan terhadap sesuatu disebut suatu kebodohan (jahl). Ini suatu keadaan nihil dari pengetahuan. Tidak ada pengetahuan yang diperoleh oleh seseorang. Oleh karena itu, makna tidak ada pada jiwa seseorang. Kekosongan dari ilmu boleh jadi karena disengaja atau tidak disengaja. Dikatakan disengaja karena manusia ada yang ingkar terhadap pemerolehan ilmu, merasa ilmu mustahil bagi manusia. Ini yang dialamai oleh orang-orang sofis yang mengatakan ilmu itu tidak mungkin. Karena keegoisan mereka dan keingkaran mereka dengan ilmu, maka hati mereka tertutup dari mendapatkan ilmu. Tidak hanya itu, orang yang dengan sengaja menutup diri dari informasi kebenaran, utamanya yang datang dari wahyu, mereka selalu dalam kejahilan, seperti orang-orang kafir yang senantiasa tidak mau menerima risalah para nabi, bahkan menentangnya. Sedangkan mereka yang secara tidak sengaja menjadi tidak tahu adalah seperti orang-orang yang akalnya tidak sempurna sehingga ia tidak termasuk kalangan mukallaf. Orang seperti ini disebut juga tidak tahu, atau jahil.

Kedua, adalah seakan-akan pengetahuan tapi sebenarnya bukan pengetahuan, atau hanya menyerupai saja. Ini terdiri dari tiga macam pengetahuan; (a) wahmiyyat. Yaitu pemahaman tentang sesuatu dengan dugaan atau sangkaan (prejudice). Pengetahuan ini adalah pengetahuan  yang lebih banyak kemungkinan salahnya. Biasanya pengetahuan seperti ini dialami oleh orang yang hatinya tidak stabil dan cenderung ke jiwa hayawaniyyah-nya, sehingga kebanyakan cara pandangnya menggunakan barometer hewani. Biasanya orang seperti ini subyektif, karena ia banyak menduganya; (b) syakkiyyat. Yaitu pengetahuan seseorang yang kemungkinan salah dan benarnya sama-sama besar potensinya; dan (c) zhanniyyat. Yaitu pengetahuan yang kemungkinan besarnya benar dan ada peluang untuk salah. Kualitas pengetahuannya yang berkutat pada zhanniyyat ini kevalidannya tidaklah seratus peratus, sebab setiap waktu boleh berubah, mengikut objek yang diamati boleh berubah setiap waktu, dan perubahan ini mengikuti konsep dasar dari materi itu yang selalu mengalami penciptaan dengan materinya yang baru.

Jadi, makna yang diperolehi dalam tingkatan ini pun terbatas kepada kemateriannya. Oleh karena itu, pengetahuan di tingkatan ini bukanlah ilmu sejati, sebab walaupun ia memberi pengetahuan kepada manusia, namun manusia tidak mencapai keyakinan sepenuhnya yang diakibatkan perubahan-perubahan yang akan terjadi pada setiap saat. Selain itu, alam materi ini sebenarnya aksidental dari realitas sebenarnya yang bukan lagi fisik. Dengan demikian, pengertian di tingkatan ini adalah bergantung kepada realitas essensinya, yaitu Realitas yang sebenarnya (The Ultimate Reality) dalam pemikiran al-Attas.

Ketiga, adalah ilmu sejati, yaitu ilmu yang betul-betul meyakinkan atas kebenaran makna yang telah sampai kepada jiwa seseorang. Tidak ada zhan, syakk, apalagi wahm. Apabila sudah memperoleh makna yang demikian, maka orang seperti ini disebut dengan arif, atau yang mengetahui dengan pengetahuan yang mendalam dan keyakinan yang betul-betul kuat dalam jiwa. Keyakinan pada ilmu ini mengalami tiga gradasi, dilihat dari sudut pandang tasawwuf; ilm al-yaqin, ’ain al-yaqin dan haqq al-yaqin. Peringkat ketiga ini hanya dialami oleh orang-orang khawas dan khawas al-khawas, seperti yang disebut di atas. Yakni mereka yang betul-betul telah sampai kepada makna dan menerima makna itu dengan seluruh keyakinannya. Semua makna itu seakan tiada batas lagi, semua terbuka kepadanya. Semua hakekat di dunia empiris tersingkap kepadanya. Oleh karena itu tidak ada lagi partikular-partikular yang menyesatkan baginya; tidak ada lagi dikotomi-dikotomi kepadanya; yang ada keuniversalan yang tunggal dan makna-makna yang teratur dalam satu sistem yang rapi. Sampai di sini boleh kita pahami bahwa ilmu intuisi menurut al-Attas adalah yang peringkat ketiga di atas, yakni yang sudah boleh dikategorikan ilmu, bukan syibh ilm, apalagi jahl.

Dengan demikian, setelah makna-makna sudah sampai kepada jiwa secara intuitif dengan pengertian wijdan, maka semua jenis ilmu ter-cover di sini. Tidak ada lagi perpisahan antara dirinya dengan objek ilmu. Apabila sudah sampai di level tinggi ini, ilmu yang didapati otomatis merangkumi tidak saja di level tinggi itu sendiri tapi juga di level biasa.
Dalam konteks tasawwuf, tasawwuf bagi al-Attas adalah ”pelaksanaan syariat di peringkat ihsan”. Artinya, ketika seseorang sampai pada level intuisi, semua level ilmu yang ada di peringkat bawahnya tidak terabaikan, baik di level panca indera atau rasio semua masih berlaku dan valid, seperti dijelaskan sebelumnya. Ini untuk menolak kalangan yang mengaku sufi yang kerap kali mengatakan telah mendapatkan inspirasi ilahi walaupun perbuatannya banyak melanggar syariat. Maka bagi al-Attas mereka bukan Sufi sejati, tapi psedo-Sufi, yakni orang yang mengaku-ngaku sufi, padahal sebenarnya bukan. Sebab, tidak mungkin orang yang betul-betul dekat kepada Allah itu melanggar syariat-Nya.
posted on www.inpasonline.com 10-12-2010

0 komentar:

Agenda Harian

Semoga kita senantiasa terpacu untuk mengukir prestasi amal yang akan memperberat timbangan kebaikan di yaumil akhir, berikut rangkaian yang bisa dilakukan

1. Agenda pada sepertiga malam akhir

a. Menunaikan shalat tahajjud dengan memanjangkan waktu pada saat ruku’ dan sujud di dalamnya,

b. Menunaikan shalat witir

c. Duduk untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah hingga azan subuh

Rasulullah saw bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

“Sesungguhnya Allah SWT selalu turun pada setiap malam menuju langit dunia saat 1/3 malam terakhir, dan Dia berkata: “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, dan barangsiapa yang meminta kepada-Ku maka akan Aku berikan, dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni”. (HR. Bukhari Muslim)


2. Agenda Setelah Terbit Fajar

a. Menjawab seruan azan untuk shalat subuh

” الَّلهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي وَعَدْتَهُ “

“Ya Allah, Tuhan pemilik seruan yang sempurna ini, shalat yang telah dikumandangkan, berikanlah kepada Nabi Muhammad wasilah dan karunia, dan bangkitkanlah dia pada tempat yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. (Ditashih oleh Al-Albani)

b. Menunaikan shalat sunnah fajar di rumah dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا

“Dua rakaat sunnah fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya”. (Muslim)

وَ قَدْ قَرَأَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي رَكْعَتَي الْفَجْرِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدَ

“Nabi saw pada dua rakaat sunnah fajar membaca surat “Qul ya ayyuhal kafirun” dan “Qul huwallahu ahad”.

c. Menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid –khususnya- bagi laki-laki.

Rasulullah saw bersabda:

وَلَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِي الْعَتْمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sekiranya manusia tahu apa yang ada dalam kegelapan dan subuh maka mereka akan mendatanginya walau dalam keadaan tergopoh-gopoh” (Muttafaqun alaih)

بَشِّرِ الْمَشَّائِيْنَ فِي الظّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّوْرِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Berikanlah kabar gembira kepada para pejalan di kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat”. (Tirmidzi dan ibnu Majah)

d. Menyibukkan diri dengan doa, dzikir atau tilawah Al-Quran hingga waktu iqamat shalat

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ

“Doa antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak” (Ahmad dan Tirmidzi dan Abu Daud)

e. Duduk di masjid bagi laki-laki /mushalla bagi wanita untuk berdzikir dan membaca dzikir waktu pagi

Dalam hadits nabi disebutkan:

كَانَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” إَذَا صَلَّى الْفَجْرَ تَرَبَّعَ فِي مَجْلِسِهِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ الْحَسَنَاءُ

” Nabi saw jika selesai shalat fajar duduk di tempat duduknya hingga terbit matahari yang ke kuning-kuningan”. (Muslim)

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran.

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya waktu fajar itu disaksikan (malaikat). (Al-Isra : 78) Dan memiliki komitmen sesuai kemampuannya untuk selalu:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah lebih banyak dari itu semua, maka akan menuai kebaikan berlimpah insya Allah.

3. Menunaikan shalat Dhuha walau hanya dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

“Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan sedekahnya, setiap hari ketika matahari terbit. Mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah, menolong orang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkat kan barang ke atas kendaraannya adalah sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, tiap-tiap langkahmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan membersihkan rintangan dari jalan adalah sedekah”. (Bukhari dan Muslim)

4. Berangkat kerja atau belajar dengan berharap karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمِلِ يَدِهِ، وَكَانَ دَاوُدُ لا يَأْكُلُ إِلا مِنْ عَمِلِ يَدِهِ

“Tidaklah seseorang memakan makanan, lebih baik dari yang didapat oleh tangannya sendiri, dan bahwa nabi Daud makan dari hasil tangannya sendiri”. (Bukhari)

Dalam hadits lainnya nabi juga bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang berjalan dalam rangka mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”. (Muslim)

d. Menyibukkan diri dengan dzikir sepanjang hari

Allah berfirman :

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Ketahuilah dengan berdzikir kepada Allah maka hati akan menjadi tenang” (Ra’ad : 28)

Rasulullah saw bersabda:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللهَ أَنْ تَمُوْتَ ولسانُك رَطْبٌ من ذِكْرِ الله

“Sebaik-baik perbuatan kepada Allah adalah saat engkau mati sementara lidahmu basah dari berdzikir kepada Allah” (Thabrani dan Ibnu Hibban) .

5. Agenda saat shalat Zhuhur

a. Menjawab azan untuk shalat Zhuhur, lalu menunaikan shalat Zhuhur berjamaah di Masjid khususnya bagi laki-laki

b. Menunaikan sunnah rawatib sebelum Zhuhur 4 rakaat dan 2 rakaat setelah Zhuhur

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang shalat 12 rakaat pada siang dan malam hari maka Allah akan membangunkan baginya dengannya rumah di surga”. (Muslim).

6. Agenda saat dan setelah shalat Ashar

a. Menjawab azan untuk shalat Ashar, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan shalat Ashar secara berjamaah di masjid

b. Mendengarkan nasihat di masjid (jika ada)

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يَعْلَمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حِجَّتُهُ

“Barangsiapa yang pergi ke masjid tidak menginginkan yang lain kecuali belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya ganjaran haji secara sempurna”. (Thabrani – hasan shahih)

c. Istirahat sejenak dengan niat yang karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

وَإِنَّ لِبَدَنِكَ عَلَيْكَ حَقٌّ

“Sesungguhnya bagi setiap tubuh atasmu ada haknya”.

Agenda prioritas:

Membaca Al-Quran dan berkomitmen semampunya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan, maka akan menuai kebaikan yang berlimpah insya Allah.

7. Agenda sebelum Maghrib

a. Memperhatikan urusan rumah tangga – melakukan mudzakarah – Menghafal Al-Quran

b. Mendengarkan ceramah, nasihat, khutbah, untaian hikmah atau dakwah melalui media

c. Menyibukkan diri dengan doa

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

“Doa adalah ibadah”

8. Agenda setelah terbenam matahari

a. Menjawab azan untuk shalat Maghrib

b. Menunaikan shalat Maghrib secara berjamaah di masjid (khususnya bagi laki-laki)

c. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Maghrib – 2 rakaat

d. Membaca dzikir sore

e. Mempersiapkan diri untuk shalat Isya lalu melangkahkan kaki menuju masjid

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa yang bersuci/berwudhu kemudian berjalan menuju salah satu dari rumah-rumah Allah untuk menunaikan salah satu kewajiban dari kewajiban Allah, maka langkah-langkahnya akan menggugurkan kesalahan dan yang lainnya mengangkat derajatnya”. (Muslim)

9. Agenda pada waktu shalat Isya

a. Menjawab azan untuk shalat Isya kemudian menunaikan shalat Isya secara jamaah di masjid

b. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Isya – 2 rakaat

c. Duduk bersama keluarga/melakukan silaturahim

d. Mendengarkan ceramah, nasihat dan untaian hikmah di Masjid

e. Dakwah melalui media atau lainnya

f. Melakukan mudzakarah

g. Menghafal Al-Quran

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran dengan berkomitmen sesuai dengan kemampuannya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan bacaan maka telah menuai kebaikan berlimpah insya Allah.


Apa yang kita jelaskan di sini merupakan contoh, sehingga tidak harus sama persis dengan yang kami sampaikan, kondisional tergantung masing-masing individu. Semoga ikhtiar ini bisa memandu kita untuk optimalisasi ibadah insya Allah. Allahu a’lam

Jazaakillah

Sedikit revisi dari : http://www.al-ikhwan.net/agenda-harian-ramadhan-menuju-bahagia-di-bulan-ramadhan-2989/

Isi Blog

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.