Tatanan Hukum
Pembicaraan mengenai sistem hukum pada suatu masyarakat tidak berhenti pada gagasan umum mengenai hukum, baik  itu individual atau parlemen, kerajaan atau republik, demokrasi atau diktatori. Namun sistem hukum ini mencakup bahasan-bahasan yang banyak yang dapat terkait dengan sebuah gagasan umum dari suatu hukum baik dekat maupun jauh. Di antaranya meliputi sistem perekonomian, sistem moral, sistem kemasyarakatan dan jenis-jenis sistem lain yang meliputi aturan khusus yang terkait dengan aturan perdamaian dan peperangan, agama dan ilmu.

Inggris dan Amerika keduanya menganut sistem hukum demokrasi. Akan Tapi bentuk hukum di Inggris berbeda dengan Amerika. Inggris menganut sistem kerajaan sedangkan Amerika menganut sistem Republik. Inggris menggunakan sistem parlemen sedangkan Amerika menggunakan sistem perwakilan. Jadi meskipun secara sistem pemerintahan sama, namun dalam beberapa hal ada aturan-aturan yang berbeda di setiap negara. Sehingga tidak diragukan lagi bahwa sistem hukum suatu negara akan senantiasa berkembang dari sistem hukum yang bersifat umum menjadi lebih khusus dan akan lebih terperinci lagi.

Macam-Macam Perkembangan Sistem Hukum
Pandangan umum mengenai sistem hukum ini adalah satu. Akan tetapi dampak dari pandangan umum itu terus berkembang pesat seiring dengan perkembangan zaman. Sehingga apabila kita benar-benar ingin membentuk sistem hukum islam dari kekuatan penduduk pada masa sekarang, maka kita harus memahami dengan cepat perkembangan-perkembangan yang terjadi pada masa sekarang. Di samping itu kita juga harus memahami sistem hukum pada masa Rasulullah saw dan masa Khulafaurrasyidin, di mana pertama yang harus kita perhatikan adalah bahwa pada periode Mekkah, Rasulullah saw tidak melihat aspek pemerintahan negara pada masa itu. Dan beliau juga tidak menjadikan pemerintahan negara sebagai prioritas tujuan utama. Namun ketika Rasulullah saw berdakwah di Makah, beliau lebih menekankan pada tauhid dan keimanan masyarakat mekah, hubungan-hubungan yang bersifat ilahiyah (hamba dan tuhan). Sedangkan pada periode Madinah, Rasulullah saw mulai membentuk kaidah-kaidah dasar mengenai kehidupan kekeluargaan, waris, dagang, jual beli, dan praktek-praktek lain yang diambil dari kehidupan masyarakat.

Apakah Islam mengikuti sistem republik di atas kerajaan?. Khulafaurrasyidin dibaiat pada zaman awal islam atas dasar pertimbangan (nasihat) bukan pemilihan secara langsung semata, dan tidak menggunakan sistem parlemen atau perwakilan. Dengan adanya realita tersebut, maka bisa diasumsikan bahwa islam menganut sistem republik dari pada kerajaan. Adapun daulah  Umayyah dan ‘Abbasiyah telah berdiri dengan menggunakan sistem asas kerajaan.

Kemudian gagasan sistem hukum ini tidak merincikan kaidah-kaidah pada zaman Nabi saw setelah hijrah ke Madinah. Rasulullah saw tidak merubah sedikit pun sistem hukum bangsa arab, namun Rasulullah saw mencoba agar masyarakat arab pada saat itu menerima agama Islam. Karena sebenarnya wahyu yang turun kepada Nabi saw mengenai kaidah-kaidah hukum, tidak menyelisihi apa yang telah ada pada masyarakat Arab dalam kehidupan mereka, sehinnga sebenarnya Rasululllah saw mengarahkan pandangan hukum kaum muslimin pada pandangan hukum bangsa Arab tanpa merubah asas hukum bangsa Arab tersebut. Anatara Hijaz, Mekah, Madinah dan Thaif mempunyai hukum sendiri yaitu hukum yang terkait dengan latar belakang sejarah mereka seperti pemerintahan madinah misalnya selalu terdapat perbedaan antara suku Aus, Khazraj dan Yahudi. Namun semenjak Islam datang, semua perkara tetap pada tegaknya Islam dan semua permasalahan dikembalikan pada Nabi saw.

Asas (Dasar) Pokok Dalam Pemerintahan
Nabi saw tidak melakukan perubahan sedikit pun pada Negeri Arab dantidak meletakkan peraturan yang permanen untuk sistem pemerintahan Islam.

Berdasarkan kaidah-kaidah (prinsip-prinsip) baru yang dibawa oleh Islam untuk mengatur kehidupan dan muamalat (interaksi), terdapat muqaddimah (pendahuluan) terhadap sistem politik yang tidak berdiri sendiri. Kaidah-kaidah ini dilakukan secara bertahap dan memiliki pengaruh terhadap kebiasaan dan peristiwa-peristiwa sejarah. Dalam permulaan kaidah-kaidah tersebut terdapat Keimanan pada Allah swt, yaitu Tidak ada Tuhan selain Allah dan hanya Dialah yang layak untuk disembah.

Kaidah keimanan ini menetapkan prinsip kesataraan, persaudaraan dan kemerdekaan. Oleh karena itu:
1.      Semua orang mukmin memiliki derajat yang sama di hadapan Allah swt, dan yang membedakanya hanyalah ketakwaannya.
2.      Semua orang adalah saudara yang wajib kita cintai, maka tidak akan sempurna keimanan seseorang sehingga dia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.
3.      Setip orang memiliki kebebasan (kemerdekaan)dalam segala hal, bahkan dalam memilih keyakinan. Oleh karena itu tidak ada paksaan dalam memilih agama.

Semua hal di atas termaktub dalam asas pokok awal pemerintahan Islam yang memiliki pengaruh yang jelas dalam perkembangan sistem pemerintahan di Negara-negara Arab.

Pengaruh aktivitas orang asing mulai tampak sejak awal pemerintahan Islam. Pengaruh ini pertama kali muncul karena peristiwa terbununhya khalifah kedua Umar bin Khattab oleh Abu Lu’luah, kemudian berlanjut pada peristiwa terbunuhnya Khalifah ketiga Ustman bin Affan, dan timbulnya peperangan akibat perseteruan antara Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah bin Abi Sofyan. Dalam hal ini, Penduduk Syam mendukung Muawiyah, sedangkan penduduk Iraq mendukung Ali bin Abi Thalib. Aktivitas orang asing dari Persia, Mesir dan Syam yang mengadopsi sistem pemerintahan Islam, dimulai dari Khalifah, Penguasa hingga raja yang diwarisi dari bani Umayyah, bani Abasiyyah dan kerajaan-kerajaan yang datang setelahnya di seluruh penjuru Alam Islam yang berbeda-beda.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa perkembangan Islam di periode pertama ini memiliki pengaruh pada kehidupan secara umum, sekalipun tidak jauh beda dengan gambaran Negara Arab, seperti Negara-negara yang muncul setelahnya pada masa Abbasiyyah dan masa-masa sesudahnya.

Meskipun pada masa kenabian, Nabi saw belum menetapkan aturan-aturan/undang-undang hukum islam secara terperinci, namun dasar-dasar hukum pemerintahan tidak dapat dielakkan lagi didasari dari aturan-aturan dasar dalam bertingkah laku dan bermuamalah yang datang dari wahyu Allah.

Kemudian semenjak umar membuat Mahkamah Peradilan, perkembangan aturan pemerintahan mulai dipengaruhi oleh aturan-aturan yang berlaku di Romawi dan Persia, dan berlanjut hingga masa Ustman. Pada masa pemerintahan bani Umayyah, dimana kedaulatan Islam dipindah di daerah Damaskus, maka secara lumrah terjadinya pengaruh-pengaruh luar yang mempengaruhi aturan-aturan hukum, namun tetap berdasar pada ruh kebudayaan arab dalam penetapan-penetapan hukumnya, hal ini disebabkan orang-orang yang memutuskan hukum dan pendiri dari kedualatan yang besar ini adalah orang-orang yang berasal dari arab.

Kesetaraan Manusia
Keesaan Allah dan ketetapan hukum alam-Nya, menuntut semua manusia setara di hadapan Allah dan sama-sama tunduk terhadap sunnatullah(ketetapan-ketetapan-Nya). Persamaan ini adalah prinsip yang ketiga dari prinsip-prinsip peradaban (kultur) Islam, dan atas dasar prinsip ini bangsa arab dan bangsa-bangsa lain menjalin hubungan, di mana sebelumnya pada masa awal saling terlibat peperangan. Maka seorang mukmin menjadi saudara bagi mukmin lainnya, memiliki hak dan kewajiban yang sama pula, baik orang arab maupun non arab. Oleh karena itu, islam tidak menjadikan perang sebagai suatu keharusan untuk mengajak umat lain, akan tetapi islam membiarkan kebebasan beragama dan kebebasan berpendapat tanpa adanya paksaan. Hal ini sesuai dengan pesan dua ayat dalam alquran ; (lȃ ikrȃha fȋ al-dȋn) dan (ud’ȗ ila sabȋli rabbika bil hikmah wa al-mauidhah al-hasanah).

Husain haikal berpandangan bahwa prinsip persamaan ini perlu menjadi asas dalam menetapkan hokum dalam islam, di dalamnya berlaku kaidah-kaidah moral.
Islam meletakkan kewajiban masyarakat dibebankan atas individu selama hidupnya. Pembebanan ini dimulai sejak seseorang lahir sampai akhir hayatnya. Dan pembebanan itu tidak berhenti sampai pada batas-batas kekuatan orang yang tidak memperoleh keuatan. Tetapi sampai pada semua kebutuhan-kebutuhan pribadi manusia berdasarkan perbedaan sifatnya. Sejak masa Nabi, beliau selalu mengajarkan kepada manusia dan memahamkan mereka bahwa dalam agama terdapat sebagian kewajiban-kewajiban masyarakat diatas individu. Perkara seperti itu terus berlangsung dalam masa yang berbeda-beda sampai pada masa mazhab-mazhab dan kejatuhan.

Ketika didirikan sebuah masjid untuk beribadah, didirikan pula madrasah-madrasah sebagai tempat belajar anak-anak kaum Muslimin, muda mudinya. Hal yang demikian dianggap sebagai kewajiban yang tak terhindarkan. Urusan kesehatan juga sama pentingnya dengan pendidikan, dulu rumah sakit selalu dibangun di sekitar masjid dan berdekatan dengannya.-dulu semua orang mendatanginya- karena sesungguhnya kesehatan umu itu termasuk kewajiban pemerintah atas rakyatnya, sebagaimana kewajiban seseorang terhadap Allah SWT.

Perhatian kewajiban ini adalah pokok dalam peraturan Islam, yang disandarkan pada pertanggung jawaban manusia dihadapan Allah, didahulukan daripada yang lain. Manusia mempertanggungjawabkan semua perbuatannya dihadapan Allah, yang tua maupun muda, yang berkedudukan rendah maupun yang tinggi. Dimintai pertanggung jawabannya atas segala niat sebagaimana seseroang dimintai pertanggung jawaban atas semua perbuatannya.

Niat adalah sesuatu yang tampak dalam jiwa, bisa diketahui oleh Allah seperti perbuatan-perbuatan yang tampak nyata bisa diketahui oleh Allah dan juga manusia. Sekelompok manusia dimintai pertanggung jawaban seperti pertanggung jawaban seorang individu. Mereka mempunyai keawjiban-kewajiban atas rakyat dan atas masyrakat itu sendiri.

Jika mereka lalai dalam memenuhi kewajibannya maka merek akan mendapat balasannya dari Allah sebagaimana seseorang akan menemui balasan berdasarkan pemenuhan kewajibannya. Dan orang-orang yang melaksanakan urusan-urusan kelompok, mereka adalah orang-orang yang termasuk ke dalam pertanggung jawaban ini atas pundak mereka.

Pemerintahan Islam Dan Cara Pembuatan Hukumnya
Telah kita lihat sistem pemerintahan Islam berbeda-bedabentuknya. Sistem Pemerintahan pada masa Khulafarasyidin berbeda dengan sistem pemerintahan bani Umayah dan begitu juga bani Abbas. Hal ini disebabkan adanya pengaruh perkembangan pemikiran dan keilmuan yang ditemukan manusia. Oleh karenanya kita harus kembali kepada sistem pemerintahan yang sesuai menurut al-Quran dan Sunah nabi dengan memilih sistem mana yang terbaik.

Perkembangan pemikiran yang terjadi pada generasi ke-13 telah membuat kita tidak mampu untuk kembali kepada sistem pemerintahan yang sesuai dengan al-Qur’an dan Sunah. Akan tetapi ini bukan berarti kita menyerah begitu saja. Tapi ini berarti bahwa kita harus menjadikan sistim ini didirikan berdasarkan landasan Islam sehingga terwujudlah prinsip-prinsip kehidupan yang dikehendaki islam.

Sebelum saya menutup pembahasan ini, saya akan mengklarifikasi bahwa saya menyebutkan sistem-sistem hukum ini tidak dimaksudkan adanya perincian sebagaimana pandangan sebagian dari mereka. Akan tetapi sistem-sistem hukum di dalam Islam itu dimaksudkan agar terciptanya pemikiran yang luhur.Contoh yang ideal dan prinsip yang lazim sebagaimana islam menghendaki agar menjadi dasar atau asas untuk suatu peradaban, maka apabila system-sistem tersebut dapat merealisasikan tujuan tersebut meskipun sebagian perinciannya itu melampaui tujuan tersebut, maka akan terbentuk aturan-aturan Islam yang kuat atas suatu kondisi yang disertai dengan perkembangan pemikiran dan pengetahuan manusia. Akan tetapi jika hal itu berhenti pada perincian saja tanpa disertai adanya pewujudan tujuan yang luhur maka akan membentuk aturan yang jumud yang saling menggugat seperti halnya sistem yang tegak pada keburukan yang biasa dilakukan, dan setelah itu akan semakin sulit untuk membentuk suatu sistem di dalam Islam.

Kenyataannya, sesungguhnya sistem tersebut adalahsatu perkara dan at-Tasyri’ (undang-undang) serta al-Qānūn(aturan perundang-undangan) itu perkara yang yang lain. Sistem hukum itu adalah kerangka yang umum lagi baru, dengan ketetapan dan stabilitas untuk merealisasikan tujuan-tujuan manusia yang utuh, maka tidak akan ada protes dari yang lain kecuali jika ada ketidakmampuan untuk mewujukan tujuan-tujuan tersebut, atau masuknya perubahan yang membuat peluang untuk merealisasikannya menjadi kecil.  Adapun at-Tasyri’ dan al-Qānūn berkembang secara lambat laun pada batasan sistem yang stabil ini, yang didasarkan pada bahwasanya keduanya merupakan alat pergerakan dan aktifitas.

Dan adapun system Islam yang kami maksudkan dalam pembahasan ini gambarannya adalah sebuah sistem yang mampu merealisasikan prinsif Islam yang bisa dijadikan sandaran untuk beriman dengan baik kepada Allah dan dengan menetapkan aturan Allah pada setiap keadaan dengan ketetepan yang kami dapati berdasarkan akal yang merdeka dan pemikiran yang berkesinambungan. Dan agar kita bisa saling menolong satu sama lain di antara kita dan juga agar salah satu dari kita bisa mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri dan agar satu individu bisa memberikan arahan kepada sebuah komunitas begitu juga sebaliknya agar sebuah komunitas bisa memberikan arahan kepada individu-individu sebagaimana yang telah diwajibkan oleh Allah.

Diajukan sebagai Tugas Mata Kuliah Fiqih Siyasah yang diampu Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, Ma.

0 komentar:

Agenda Harian

Semoga kita senantiasa terpacu untuk mengukir prestasi amal yang akan memperberat timbangan kebaikan di yaumil akhir, berikut rangkaian yang bisa dilakukan

1. Agenda pada sepertiga malam akhir

a. Menunaikan shalat tahajjud dengan memanjangkan waktu pada saat ruku’ dan sujud di dalamnya,

b. Menunaikan shalat witir

c. Duduk untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah hingga azan subuh

Rasulullah saw bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

“Sesungguhnya Allah SWT selalu turun pada setiap malam menuju langit dunia saat 1/3 malam terakhir, dan Dia berkata: “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, dan barangsiapa yang meminta kepada-Ku maka akan Aku berikan, dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni”. (HR. Bukhari Muslim)


2. Agenda Setelah Terbit Fajar

a. Menjawab seruan azan untuk shalat subuh

” الَّلهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي وَعَدْتَهُ “

“Ya Allah, Tuhan pemilik seruan yang sempurna ini, shalat yang telah dikumandangkan, berikanlah kepada Nabi Muhammad wasilah dan karunia, dan bangkitkanlah dia pada tempat yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. (Ditashih oleh Al-Albani)

b. Menunaikan shalat sunnah fajar di rumah dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا

“Dua rakaat sunnah fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya”. (Muslim)

وَ قَدْ قَرَأَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي رَكْعَتَي الْفَجْرِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدَ

“Nabi saw pada dua rakaat sunnah fajar membaca surat “Qul ya ayyuhal kafirun” dan “Qul huwallahu ahad”.

c. Menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid –khususnya- bagi laki-laki.

Rasulullah saw bersabda:

وَلَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِي الْعَتْمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sekiranya manusia tahu apa yang ada dalam kegelapan dan subuh maka mereka akan mendatanginya walau dalam keadaan tergopoh-gopoh” (Muttafaqun alaih)

بَشِّرِ الْمَشَّائِيْنَ فِي الظّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّوْرِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Berikanlah kabar gembira kepada para pejalan di kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat”. (Tirmidzi dan ibnu Majah)

d. Menyibukkan diri dengan doa, dzikir atau tilawah Al-Quran hingga waktu iqamat shalat

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ

“Doa antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak” (Ahmad dan Tirmidzi dan Abu Daud)

e. Duduk di masjid bagi laki-laki /mushalla bagi wanita untuk berdzikir dan membaca dzikir waktu pagi

Dalam hadits nabi disebutkan:

كَانَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” إَذَا صَلَّى الْفَجْرَ تَرَبَّعَ فِي مَجْلِسِهِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ الْحَسَنَاءُ

” Nabi saw jika selesai shalat fajar duduk di tempat duduknya hingga terbit matahari yang ke kuning-kuningan”. (Muslim)

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran.

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya waktu fajar itu disaksikan (malaikat). (Al-Isra : 78) Dan memiliki komitmen sesuai kemampuannya untuk selalu:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah lebih banyak dari itu semua, maka akan menuai kebaikan berlimpah insya Allah.

3. Menunaikan shalat Dhuha walau hanya dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

“Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan sedekahnya, setiap hari ketika matahari terbit. Mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah, menolong orang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkat kan barang ke atas kendaraannya adalah sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, tiap-tiap langkahmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan membersihkan rintangan dari jalan adalah sedekah”. (Bukhari dan Muslim)

4. Berangkat kerja atau belajar dengan berharap karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمِلِ يَدِهِ، وَكَانَ دَاوُدُ لا يَأْكُلُ إِلا مِنْ عَمِلِ يَدِهِ

“Tidaklah seseorang memakan makanan, lebih baik dari yang didapat oleh tangannya sendiri, dan bahwa nabi Daud makan dari hasil tangannya sendiri”. (Bukhari)

Dalam hadits lainnya nabi juga bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang berjalan dalam rangka mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”. (Muslim)

d. Menyibukkan diri dengan dzikir sepanjang hari

Allah berfirman :

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Ketahuilah dengan berdzikir kepada Allah maka hati akan menjadi tenang” (Ra’ad : 28)

Rasulullah saw bersabda:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللهَ أَنْ تَمُوْتَ ولسانُك رَطْبٌ من ذِكْرِ الله

“Sebaik-baik perbuatan kepada Allah adalah saat engkau mati sementara lidahmu basah dari berdzikir kepada Allah” (Thabrani dan Ibnu Hibban) .

5. Agenda saat shalat Zhuhur

a. Menjawab azan untuk shalat Zhuhur, lalu menunaikan shalat Zhuhur berjamaah di Masjid khususnya bagi laki-laki

b. Menunaikan sunnah rawatib sebelum Zhuhur 4 rakaat dan 2 rakaat setelah Zhuhur

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang shalat 12 rakaat pada siang dan malam hari maka Allah akan membangunkan baginya dengannya rumah di surga”. (Muslim).

6. Agenda saat dan setelah shalat Ashar

a. Menjawab azan untuk shalat Ashar, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan shalat Ashar secara berjamaah di masjid

b. Mendengarkan nasihat di masjid (jika ada)

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يَعْلَمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حِجَّتُهُ

“Barangsiapa yang pergi ke masjid tidak menginginkan yang lain kecuali belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya ganjaran haji secara sempurna”. (Thabrani – hasan shahih)

c. Istirahat sejenak dengan niat yang karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

وَإِنَّ لِبَدَنِكَ عَلَيْكَ حَقٌّ

“Sesungguhnya bagi setiap tubuh atasmu ada haknya”.

Agenda prioritas:

Membaca Al-Quran dan berkomitmen semampunya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan, maka akan menuai kebaikan yang berlimpah insya Allah.

7. Agenda sebelum Maghrib

a. Memperhatikan urusan rumah tangga – melakukan mudzakarah – Menghafal Al-Quran

b. Mendengarkan ceramah, nasihat, khutbah, untaian hikmah atau dakwah melalui media

c. Menyibukkan diri dengan doa

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

“Doa adalah ibadah”

8. Agenda setelah terbenam matahari

a. Menjawab azan untuk shalat Maghrib

b. Menunaikan shalat Maghrib secara berjamaah di masjid (khususnya bagi laki-laki)

c. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Maghrib – 2 rakaat

d. Membaca dzikir sore

e. Mempersiapkan diri untuk shalat Isya lalu melangkahkan kaki menuju masjid

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa yang bersuci/berwudhu kemudian berjalan menuju salah satu dari rumah-rumah Allah untuk menunaikan salah satu kewajiban dari kewajiban Allah, maka langkah-langkahnya akan menggugurkan kesalahan dan yang lainnya mengangkat derajatnya”. (Muslim)

9. Agenda pada waktu shalat Isya

a. Menjawab azan untuk shalat Isya kemudian menunaikan shalat Isya secara jamaah di masjid

b. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Isya – 2 rakaat

c. Duduk bersama keluarga/melakukan silaturahim

d. Mendengarkan ceramah, nasihat dan untaian hikmah di Masjid

e. Dakwah melalui media atau lainnya

f. Melakukan mudzakarah

g. Menghafal Al-Quran

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran dengan berkomitmen sesuai dengan kemampuannya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan bacaan maka telah menuai kebaikan berlimpah insya Allah.


Apa yang kita jelaskan di sini merupakan contoh, sehingga tidak harus sama persis dengan yang kami sampaikan, kondisional tergantung masing-masing individu. Semoga ikhtiar ini bisa memandu kita untuk optimalisasi ibadah insya Allah. Allahu a’lam

Jazaakillah

Sedikit revisi dari : http://www.al-ikhwan.net/agenda-harian-ramadhan-menuju-bahagia-di-bulan-ramadhan-2989/

Isi Blog

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.