Sebuah wawancara dengan Hamzah Yusuf. Topik yang dibahas meliputi pendidikan, efek dari kolonialisme di negara-negara Muslim, kehidupan sehari-hari Muslim dan mentalitas muslim modern, teknologi, dan kesenjangan generasi.
Dilakukan oleh Hammadieh Randa.

Randa HAMMADIEH: Dalam perjalanan Anda ke dunia Muslim, apa praktek-praktek budaya yang anda lihat yang menyentuh Anda sebagai orang yang berasal dari Barat?

Hamza Yusuf: Di Barat, ada pemisahan yang kuat antara orang muda dan orang tua. Dalam tradisi Muslim, di sisi lain, seseorang disebut pemuda sampai usia 40. Ini adalah gagasan "shababiya." Dalam peradaban Barat, gagasan masa remaja adalah murni suatu bangunan sosial. Kesenjangan generasi di Amerika belum tentu universal untuk semua budaya meskipun AS melakukan pekerjaan yang baik dalam mengekspor monokultur mereka ke seluruh dunia. Hal ini terjadi karena orang-orang menonton televisi dan film dari budaya yang dominan. Jadi, Anda akan melihat fenomena budaya AS sekarang di seluruh dunia.

RH: Apa pendapat Anda tentang pemuda Muslim dan pendidikan umum hari ini?

HY: Saya pikir sekolah modern adalah pengalaman negatif. Saya percaya Anda bisa belajar lebih banyak dari luar sekolah daripada di dalamnya. Saat ini sudah ada sistem pendidikan universal, apakah Anda berada di sebuah negara Arab, Cina atau di tempat lain. Pendidikan universal ini hanya akan bervariasi sesuai dengan suasana politik negara. Sebagai contoh, di Irak, indoktrinasi mungkin lebih jelas, sedangkan di AS hal itu hanya lebih halus. Sekolah merupakan sebuah konstruksi buatan untuk mensosialisasikan individu menjadi identitas kelompok. Seluruhnya ide tentang "sekolah ikan", yaitu bahwa setiap orang berenang bersama, sedangkan pendidikan Islam tradisional benar-benar bersifat individual yang memberi pelajar semua alat (di Barat disebut "liberal art") seperti tata bahasa, retorika, dan logika, di mana orang benar-benar bisa berpikir dan menggunakan otak mereka.

Di sekolah menengah umum, Anda tidak diberikan alat, Anda diberikan informasi dan data. Bahkan, sebuah metafora yang digunakan dalam pendidikan saat ini adalah bahwa Anda pada dasarnya merupakan hard drive yang perlu ditulis dengan perangkat lunak tertentu. Anda kemudian akan memenuhi apa pun kebutuhan sosial masyarakat. Sekolah saat ini dirancang hanya untuk memasukkan orang ke dalam logika sistem itu sendiri. Kemudian orang berakhir di pekerjaan yang tak berarti melakukan pekerjaan yang tak berarti, dan tidak pernah benar-benar berpikir tentang apa jenis masyarakat yang mereka berikan kontribusinya tersebut .

RH: Kalau ada satu hal dalam perjalanan anda di dunia Muslim yang meninggalkan kesan tersendiri atas anda, apa itu?

HY: Ada kondisi mengerikan di negara-negara Muslim! Dunia Muslim sekarang seperti korban perkosaan. Kolonisasi seperti trauma perkosaan, dan dunia Islam tidak pernah bisa bangkit dan melanjutkan kehidupan dunia Muslim secara keseluruhan dengan kekuatan Eropa, yang selama berabad-abad telah dianggap sebagai terbelakang dan barbar, telah memberikan dampak yang benar-benar dahsyat.

Sekarang di dunia Muslim, Muslim terlihat berpakaian meniru orang Barat. Beberapa orang tampak seperti karikatur orang Barat. Ini menunjukkan beberapa negara Muslim yang tidak sangat inspiratif lagi, ketika seluruh dunia saat itu mendongak ke Muslim sebagai model.

RH: Apa yang Anda katakan kepada muslim yang melihat kejayaan masa lalu ketika mereka berada di puncak mereka?

HY: Ini semua nostalgia menyedihkan untuk kembali ke kejayaan masa lalu dan romantisme-nya. Masa lalu tidak ada hubungannya dengan kita. Itu mereka. Kita adalah orang lain secara keseluruhan. Itu bukan masa lalu kita, itu mereka pada masanya. Sekarang itu sudah berakhir. Itulah mengapa Al-Qur'an memiliki konsep untuk tidak meniru nenek moyangmu, dan tidak bangga dengan nenek moyangmu karena mereka bukanlah Anda! Anda harus menciptakan masa depan Anda sendiri. Jangan seperti seorang veteran perang tua. Namun, adalah penting untuk memiliki beberapa kesinambungan historis karena Alquran mengatakan "Lihatlah orang-orang sebelummu" sebagai cara mengambil pelajaran.

Satu hal yang salah dengan beberapa mentalitas muslim modern adalah gagasan "Jika kita melakukan apa yang mereka lakukan, kita akan jaya." Seseorang bertanya kepada saya, "Bagaimana kita bisa mendapatkan sebuah kejayaan kembali?" Ada ide bahwa Islam adalah semuanya tentang kejayaan. Tidak! Ini seperti Anda berolahraga untuk menjaga kesehatan Anda, tetapi berolah raga bukanlah tujuan Anda. Ia hanyalah sarana untuk mencapai tujuan Anda. Dengan cara yang sama bahwa jika Anda mencari keridhaan Allah, salah satu efek sampingnya yaitu bahwa Allah mengangkat Anda dan memberi Anda "tamkiin" (kemapanan-penj), tetapi itu bukanlah tujuan. Itu hanya efek samping.

Sekarang Anda tidak mendengar orang berbicara sangat banyak tentang Allah, hanya tentang Islam. Quran mengatakan, "Hanya kepada Tuhanmu adalah tujuanmu." Jalan untuk datang kepada Allah lah yang menghasilkan kemenangan karena Anda berjuang untuk kebenaran. Salah satu hal tentang berjuang secara tulus untuk kebenaran adalah bahwa Allah memberikan kemenangan oleh karena sifat perjuangan. Oleh karena sifat perjuangan itu sendiri, maka Anda mendapatkan kesuksesan duniawi. Anda lihat, keberhasilan duniawi tidak ada hubungannya dengan niat. Karena jika ia adalah niat Anda, maka Anda tidak akan mendapatkan kesuksesan duniawi. Bahkan, Allah akan memberikan kesuksesan "kafirun" atas kamu. Jika orang-orang yang benar tidak mencari kebenaran, melainkan keuntungan dari kebenaran (hanya efek samping), maka mereka tidak akan pernah mencapainya.

RH: Lalu bagaimana seharusnya umat Islam melihat kehidupan?

HY: Hidup adalah hal biasa. Hidup adalah shalat, bangun untuk shalat Subuh dan melakukan tugas-tugas sehari-hari. Semua cita-cita untuk "kejayaan" ini hanyalah sebuah abstrak dalam pikiran. Dan kenyataannya bahkan raja-raja masa lalu harus bangun di pagi hari dan melakukan rutinitas sehari-hari. Hidup adalah dengan sifat asalnya saja dan Islam menyelaraskan, memasukkannya ke dalam perspektif, dan membuat tujuannya bermartabat, bukannya tujuan rendah, tujuan duniawi.

RH: Sekarang bahwa Anda berada di Amerika Serikat. Anda pasti terekspos pada hegemoni teknologi yang terjadi. Bagaimana Anda melihat ini dalam cahaya Islam?

HY: Teknologi modern hanya sebuah contoh ketika tujuan rakyat benar-benar terdistorsi. Teknologi modern muncul dari kepentingan perusahaan-perusahaan yang sangat kuat dalam menciptakan massifikasi masyarakat dimana semua orang membutuhkan TV atau stereo. Ini tidak berarti bahwa Islam menentang teknologi. Teknologi, oleh sifatnya, adalah segala sesuatu yang dihasilkan manusia. Dan dengan sifat kita, kita membuat sesuatu. Teknologi Islam harus manusiawi. Untuk melayani manusia, bukan sebaliknya.

Muslim tidak percaya bila ini disebut sebagai kemajuan. Kemajuan ini benar-benar bertentangan dengan ajaran Islam. Muslim percaya bahwa masyarakat manusia mencapai puncaknya di Madinah pada abad ke-7. Ini adalah masyarakat terbaik yang pernah ada. Ayat yang mengatakan "Hari ini Kami telah menyempurnakan Agamamu ..." telah membuat Umar RA menangis karena ia menyadari bahwa tidak ada yang pernah sempurna kecuali bahwa ia akan mulai mengalami penurunan.

Jika tujuan hidup ini adalah untuk memantapkan Din, maka itu adalah kemajuan tertinggi yang manusia dapat capai dan karena itu semua kegilaan teknologi modern ini adalah berada di luar dorongan rasa ingin tahu manusia. Karena kita telah menjadi materialis kotor seperti itu, semua usaha kita intelektual dan spiritual telah sepenuhnya terpusat dan terfokus pada yang di luar, yang "Dhahir" dan yang di dalam telah sepenuhnya dilupakan. Sekarang bahkan ada minat yang besar dalam bagaimana kita dapat melestarikan kehidupan ini di sini, ditunjukkan oleh studi dalam bidang cryonics, rekayasa genetika dan kloning.

RH: Jadi Anda akan mengatakan bahwa manusia cenderung untuk melayani teknologi modern daripada ia melayani kita?

HY: Ya. Teknologi modern mendehumanisasi berdasarkan sifatnya, karena didasarkan pada massifikasi (komputer di setiap rumah). Setiap orang dikurangi menjadi duduk di sekitar melihat sinar katoda berkedip pada layar. Tidak ada pertukaran manusia lagi, orang hanya mengirim e-mail. Orang gugup jika Anda mulai berbicara seperti ini karena sebagian besar umat Islam benar-benar malu dengan kesederhanaan kehidupan Nabi SAW. Banyak yang tidak mau mengakui bahwa ia tinggal di sebuah rumah tanpa furnitur, bahwa ia menjahit sepatu sendiri dan mengumpulkan kayu bakar. Nabi SAW tidak tertarik dalam meningkatkan aspek hidupnya.

Meningkatkan standar hidup sekarang telah menjadi idola sedangkan Aku pikir Islam menurunkan standar hidup Anda. Anda menjadi puas dengan yang sedikit. Ketika istri Nabi SAW menempatkan bantal di tempat tidurnya beliau marah. Beliau sadar telah menurunkan standar hidupnya.

Kenyataannya adalah seluruh dunia tidak dapat mendukung sekelompok produsen. Teknologi Barat didasarkan pada eksploitasi atas 90 persen dunia lainnya. Semua prestasi teknologi kita yang luar biasa didasarkan pada seluruh dunia hidup dalam kemiskinan yang hina. Dengan menikmati buah dari teknologi Barat, sebenarnya kita berpartisipasi dalam pemusnahan budaya asli di seluruh dunia dan pemiskinan dari orang-orang tersebut.

RH: Apa pendapat Anda pada fenomena remaja dan arti pentingnya hari ini?

HY: Mereka adalah sebuah konstruksi buatan yang dimaksudkan untuk menjual rap, sepatu basket $100 dan jeans $80. Ini adalah penemuan masyarakat konsumen yang tidak ada dalam budaya Islam atau Barat tradisional. Orang harus selesai sekolah pada saat usia mereka 15 tahun. Dalam masyarakat Eropa tradisional, orang-orang sekolah dan mendapatkan sarjana mereka pada umur 14 tahun dan mengajar pada usia 18 tahun di Cambridge dan Oxford. Hal ini didokumentasikan. Menghabiskan 12 tahun di sekolah adalah konstruksi buatan yang dirancang untuk menempati ruang-waktu di mana masyarakat benar-benar tidak memiliki kemampuan untuk mengizinkan orang-orang untuk memasuki dunia kerja karena lapangan pekerjaan sudah jenuh.

Fenomena remaja menghancurkan masyarakat manusia. Secara historis, masyarakat yang berbasis agraris (dimana mayoritas adalah negara-negara Muslim) melihat masyarakat sebagai mutlak penting bagi kelangsungan hidup, sedangkan di komunitas masyarakat industri mereka adalah suatu kemewahan.

Penyakit umat Islam hari ini adalah bahwa mereka telah masuk ke dalam isu usia secara keseluruhan. Sama seperti rasisme dan seksisme, ia mengidentifikasi orang dengan pengukuran kuantitatif. Kita tidak tahu berapa umur Sahabat waktu itu. Itu bukan obsesi. Bahkan, Nabi SAW mencoba melepaskan konsep jahiliyah dengan menempatkan Osama bin Zaid sebagai kepala pasukan ketika ia baru berumur 17 tahun. Umur dalam Islam adalah tentang memiliki rambut beruban dan tidak memiliki rambut beruban.

Jika Anda tidak memiliki rambut beruban Anda disebut "Shabaab" dan Anda harus menghormati orang dengan rambut beruban. Jika Anda memiliki rambut beruban Anda disebut "syekh" dan Anda seharusnya memiliki rahmat dan kasih sayang kepada mereka yang tidak memiliki rambut beruban. Itu adalah cara yang lebih sehat untuk melihat hal tersebut. Dalam pengetahuan Islam, kami mengetahui bahwa Ibnu Malik dianggap sebagai syekh yang secara harfiah berarti "orang tua" ketika ia berusia 17 tahun. Islam tidak mengkotakkan Anda ke dalam kategori. Umur adalah tentang di mana Anda berada secara rohani, bukan di mana Anda berada secara numerik.

Saya berpikir bahwa orang berusia 40 tahun harus duduk dengan anak usia 18 tahun, dan dalam semangat persaudaraan, saling belajar satu sama lain. Sahabat yang berumur 15 tahun berkumpul di majlis Nabi dengan mereka yang berusia 60 tahun. Sekolah Islam tidak pernah dipisahkan oleh usia. "Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia membimbingnya dengan jalan dan caranya sendiri yang spesifik."

Kita adalah umat pelabelan dan label dari masyarakat Barat. Dalam label, semuanya memiliki nama dan tidak memiliki arti.

RH: Mengingat semua pengalaman, perjalanan, dan tahun-tahun Anda, apa yang Anda tahu dengan pasti tentang dunia?

HY: Yah, bahwa ada banyak kebenaran Sayidinna Ali mengatakan bahwa "Pemuda adalah masa kegilaan dan usia tua adalah masa kebijaksanaan". Saya berpikir bahwa krisis dunia Muslim adalah bahwa kita memiliki generasi muda yang melimpah dan terbuai oleh kebodohan besar, setelah kehilangan kaitan historis mereka, dan belum begitu ada banyak bimbingan dari generasi tua.

Banyak pemuda Muslim yang bingung, tetapi begitu generasi muslim ini mencapai kematangan, sebuah skenario yang menarik akan terjadi. Ketika orang muda dalam gerakan Islam di AS dan Kanada memasuki usia empat puluhan mereka, akan ada banyak pertumbuhan dan bimbingan untuk orang-orang muda, insya Allah.

Kita berada dalam waktu yang sangat buruk, tetapi kita harus melihatnya sebagai semacam kondisi temporal. Bukan selalu begitu, juga bukan akan selalu begitu, insya Allah. Aku tahu bahwa kita harus berhati-hati sebagai komunitas dalam langkah-langkah yang kita ambil. Kita harus dipaksa berbuat lebih dari yang dibutuhkan daripada jika kita memiliki bimbingan yang kuat. Kita sekarang hidup dalam waktu yang sangat menarik, ada waktu untuk pertumbuhan potensial yang banyak, dan saya percaya bahwa umat Islam di Kanada dan Amerika Serikat pasti akan memperoleh kesempatan, insya Allah.


Wawancara dengan Imam Hamza Yusuf ini dilakukan di Calgary, Alberta selama Islam Awareness Week yang diselenggarakan oleh Asosiasi Mahasiswa Muslim (MSA) dari University of Calgary. Pewawancara adalah Sr Randa Hammadieh. Disusun oleh Sr Randa dan Br. Danial Ibrahim.

Hamza Yusuf Hanson adalah direktur dari Institut Zaytouna yang berbasis di AS.

From "An Interview with Hamza Yusuf"

Temukan artikel-artikel tentang Islam lainnya di: http://lintas-islam.blogspot.com

0 komentar:

Agenda Harian

Semoga kita senantiasa terpacu untuk mengukir prestasi amal yang akan memperberat timbangan kebaikan di yaumil akhir, berikut rangkaian yang bisa dilakukan

1. Agenda pada sepertiga malam akhir

a. Menunaikan shalat tahajjud dengan memanjangkan waktu pada saat ruku’ dan sujud di dalamnya,

b. Menunaikan shalat witir

c. Duduk untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah hingga azan subuh

Rasulullah saw bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

“Sesungguhnya Allah SWT selalu turun pada setiap malam menuju langit dunia saat 1/3 malam terakhir, dan Dia berkata: “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, dan barangsiapa yang meminta kepada-Ku maka akan Aku berikan, dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni”. (HR. Bukhari Muslim)


2. Agenda Setelah Terbit Fajar

a. Menjawab seruan azan untuk shalat subuh

” الَّلهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي وَعَدْتَهُ “

“Ya Allah, Tuhan pemilik seruan yang sempurna ini, shalat yang telah dikumandangkan, berikanlah kepada Nabi Muhammad wasilah dan karunia, dan bangkitkanlah dia pada tempat yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. (Ditashih oleh Al-Albani)

b. Menunaikan shalat sunnah fajar di rumah dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا

“Dua rakaat sunnah fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya”. (Muslim)

وَ قَدْ قَرَأَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي رَكْعَتَي الْفَجْرِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدَ

“Nabi saw pada dua rakaat sunnah fajar membaca surat “Qul ya ayyuhal kafirun” dan “Qul huwallahu ahad”.

c. Menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid –khususnya- bagi laki-laki.

Rasulullah saw bersabda:

وَلَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِي الْعَتْمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sekiranya manusia tahu apa yang ada dalam kegelapan dan subuh maka mereka akan mendatanginya walau dalam keadaan tergopoh-gopoh” (Muttafaqun alaih)

بَشِّرِ الْمَشَّائِيْنَ فِي الظّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّوْرِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Berikanlah kabar gembira kepada para pejalan di kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat”. (Tirmidzi dan ibnu Majah)

d. Menyibukkan diri dengan doa, dzikir atau tilawah Al-Quran hingga waktu iqamat shalat

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ

“Doa antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak” (Ahmad dan Tirmidzi dan Abu Daud)

e. Duduk di masjid bagi laki-laki /mushalla bagi wanita untuk berdzikir dan membaca dzikir waktu pagi

Dalam hadits nabi disebutkan:

كَانَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” إَذَا صَلَّى الْفَجْرَ تَرَبَّعَ فِي مَجْلِسِهِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ الْحَسَنَاءُ

” Nabi saw jika selesai shalat fajar duduk di tempat duduknya hingga terbit matahari yang ke kuning-kuningan”. (Muslim)

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran.

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya waktu fajar itu disaksikan (malaikat). (Al-Isra : 78) Dan memiliki komitmen sesuai kemampuannya untuk selalu:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah lebih banyak dari itu semua, maka akan menuai kebaikan berlimpah insya Allah.

3. Menunaikan shalat Dhuha walau hanya dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

“Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan sedekahnya, setiap hari ketika matahari terbit. Mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah, menolong orang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkat kan barang ke atas kendaraannya adalah sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, tiap-tiap langkahmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan membersihkan rintangan dari jalan adalah sedekah”. (Bukhari dan Muslim)

4. Berangkat kerja atau belajar dengan berharap karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمِلِ يَدِهِ، وَكَانَ دَاوُدُ لا يَأْكُلُ إِلا مِنْ عَمِلِ يَدِهِ

“Tidaklah seseorang memakan makanan, lebih baik dari yang didapat oleh tangannya sendiri, dan bahwa nabi Daud makan dari hasil tangannya sendiri”. (Bukhari)

Dalam hadits lainnya nabi juga bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang berjalan dalam rangka mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”. (Muslim)

d. Menyibukkan diri dengan dzikir sepanjang hari

Allah berfirman :

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Ketahuilah dengan berdzikir kepada Allah maka hati akan menjadi tenang” (Ra’ad : 28)

Rasulullah saw bersabda:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللهَ أَنْ تَمُوْتَ ولسانُك رَطْبٌ من ذِكْرِ الله

“Sebaik-baik perbuatan kepada Allah adalah saat engkau mati sementara lidahmu basah dari berdzikir kepada Allah” (Thabrani dan Ibnu Hibban) .

5. Agenda saat shalat Zhuhur

a. Menjawab azan untuk shalat Zhuhur, lalu menunaikan shalat Zhuhur berjamaah di Masjid khususnya bagi laki-laki

b. Menunaikan sunnah rawatib sebelum Zhuhur 4 rakaat dan 2 rakaat setelah Zhuhur

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang shalat 12 rakaat pada siang dan malam hari maka Allah akan membangunkan baginya dengannya rumah di surga”. (Muslim).

6. Agenda saat dan setelah shalat Ashar

a. Menjawab azan untuk shalat Ashar, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan shalat Ashar secara berjamaah di masjid

b. Mendengarkan nasihat di masjid (jika ada)

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يَعْلَمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حِجَّتُهُ

“Barangsiapa yang pergi ke masjid tidak menginginkan yang lain kecuali belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya ganjaran haji secara sempurna”. (Thabrani – hasan shahih)

c. Istirahat sejenak dengan niat yang karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

وَإِنَّ لِبَدَنِكَ عَلَيْكَ حَقٌّ

“Sesungguhnya bagi setiap tubuh atasmu ada haknya”.

Agenda prioritas:

Membaca Al-Quran dan berkomitmen semampunya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan, maka akan menuai kebaikan yang berlimpah insya Allah.

7. Agenda sebelum Maghrib

a. Memperhatikan urusan rumah tangga – melakukan mudzakarah – Menghafal Al-Quran

b. Mendengarkan ceramah, nasihat, khutbah, untaian hikmah atau dakwah melalui media

c. Menyibukkan diri dengan doa

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

“Doa adalah ibadah”

8. Agenda setelah terbenam matahari

a. Menjawab azan untuk shalat Maghrib

b. Menunaikan shalat Maghrib secara berjamaah di masjid (khususnya bagi laki-laki)

c. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Maghrib – 2 rakaat

d. Membaca dzikir sore

e. Mempersiapkan diri untuk shalat Isya lalu melangkahkan kaki menuju masjid

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa yang bersuci/berwudhu kemudian berjalan menuju salah satu dari rumah-rumah Allah untuk menunaikan salah satu kewajiban dari kewajiban Allah, maka langkah-langkahnya akan menggugurkan kesalahan dan yang lainnya mengangkat derajatnya”. (Muslim)

9. Agenda pada waktu shalat Isya

a. Menjawab azan untuk shalat Isya kemudian menunaikan shalat Isya secara jamaah di masjid

b. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Isya – 2 rakaat

c. Duduk bersama keluarga/melakukan silaturahim

d. Mendengarkan ceramah, nasihat dan untaian hikmah di Masjid

e. Dakwah melalui media atau lainnya

f. Melakukan mudzakarah

g. Menghafal Al-Quran

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran dengan berkomitmen sesuai dengan kemampuannya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan bacaan maka telah menuai kebaikan berlimpah insya Allah.


Apa yang kita jelaskan di sini merupakan contoh, sehingga tidak harus sama persis dengan yang kami sampaikan, kondisional tergantung masing-masing individu. Semoga ikhtiar ini bisa memandu kita untuk optimalisasi ibadah insya Allah. Allahu a’lam

Jazaakillah

Sedikit revisi dari : http://www.al-ikhwan.net/agenda-harian-ramadhan-menuju-bahagia-di-bulan-ramadhan-2989/

Isi Blog

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.