"Adalah menyia-nyiakan waktu berdebat tentang apa yang harus dilakukan oleh seorang Muslim yang baik. Bersatulah!"
Imam Malik satu hari masuk ke Masjid setelah Ashar. Saat memasuki Masjid An-Nabawi beliau mendekat dan duduk. Rasulullah telah memerintahkan bahwa siapa pun yang memasuki Masjid sebaiknya tidak langsung duduk sampai ia pertama kali shalat 2 rakaat sebagai salam untuk Masjid. Imam Malik berpendapat bahwa Allah melarang Rasul shalat setelah shalat Ashar dan dia akan mengajarkan murid-muridnya untuk tidak shalat tahiyyatul Masjid jika mereka masuk pada waktu antara Ashar dan Maghrib. Pada saat Imam Malik duduk, seorang anak muda melihatnya duduk tanpa terlebih dahulu shalat 2 rakaat Tahiyyatul Masjid. Anak muda mencemooh dia, "Bangunlah dan shalat 2 rakaat!"
Imam Malik patuh berdiri dan mulai shalat 2 rakaat. Para siswa duduk tertegun: Apa yang terjadi? Apakah pendapat Imam Malik berubah?
Setelah ia telah menyelesaikan shalat, para siswa mengerumuninya dan mempertanyakan tindakannya. Imam Malik berkata, "Pendapatku tidak berubah, juga aku tidak menarik kembali pada apa yang aku ajarkan sebelumnya. Aku hanya takut bahwa seandainya aku tidak shalat 2 rakaat sebagaimana diperintahkan anak muda, Allah mungkin memasukkan saya di Ayat...
"Dan apabila dikatakan kepada mereka, 'Rukuklah (dalam shalat)', mereka tidak rukuk." - Al Mursalat 77/48.
Imam Ahmad berpegang pada pendapat bahwa makan daging unta membatalkan Wudhu, berbeda berpendapat dengan mayoritas ulama. Beberapa siswa bertanya kepadanya, "Jika Anda menemukan seseorang makan daging unta dan menjadi Imam di depan Anda - tanpa terlebih dahulu Wudhu - kemudian memimpin Shalat, akankah anda shalat di belakangnya?" Imam Ahmad menjawab, "Apakah kamu pikir aku tidak akan shalat di belakang Imam Malik dan Sa'id ibn Al-Musayyab?"
Allah menciptakan manusia dengan perbedaan. Ini adalah hukum penciptaan. Bahasa yang berbeda, warna kulit berbeda, budaya yang berbeda... Itu semua yang di luar. Di dalam, manusia diciptakan dengan banyak derajat pengetahuan, kecerdasan, dan pemahaman konsep. Ini semua tanda dari Allah yang menunjukkan kekuasaan-Nya untuk melakukan apapun yang Dia kehendaki:
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah penciptaan langit dan bumi, dan berbeda dalam bahasa Anda dan warna kulit Anda: Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi mereka yang tahu." [30:22]
Manusia pasti berbeda, ini tidak masalah. Masalahnya adalah: Bagaimana sebagai seorang muslim harus satu dalam menghadapi perbedaan-perbedaan pendapat dan bagaimana seharusnya hubungan kita dengan seseorang yang pendapatnya berbeda.
Allah ta'ala memerintahkan kita untuk memanggil dan menasihati orang dalam Din Al-Islam ini. Banyak Muslim yang menjalankan misi ini tertutup matanya, tidak menyadari bahwa petunjuk tersebut ada juga di dalam Al Qur'an. Bahkan, dalam ayat yang sama dimana Allah memerintahkan kita untuk memanggil dan menasihati orang-orang di Din ini, Allah mengajarkan kita bagaimana untuk melakukannya. Bacalah ayat berikut ini dengan seksama:
"Ajaklah kepada jalan Tuhanmu dengan kebijaksanaan dan pengajaran yang baik dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang terbaik!" - Surah An-Nahl 16/125.
Tidak perlu berfilsafat. Tidak perlu bicara di taman bunga. Langsung ke pokok, polos dan sederhana untuk siapa saja yang mau mengambil pelajaran.
Di Ayat tersebut ada tiga resep untuk bersikap ketika kita tidak setuju dengan seseorang. Allah mengajarkan kita bila berdebat tentang kebenaran, mengajarkan kita bagaimana untuk melakukannya:
1. Dengan Hikmah (kebijaksanaan)
2. Dengan instruksi yang baik, dan
3. Untuk berdebat dengan cara yang paling baik.
Apa artinya memiliki Hikmah saat berbeda dengan seseorang? Cucu dari Rasulullah SAW pernah menunjukkan salah satu contoh yang paling indah dari Hikmah dalam menasihati orang lain. Al-Hasan dan Al-Husain - dalam usia muda mereka - pernah melihat seorang laki-laki tua mengerjakan Wudhu secara tidak benar. Bersama-sama mereka mengatur rencana untuk mengajarkan manusia tanpa menghinanya, menasihatinya sesuai dengan usianya.
Bersama-sama mereka pergi ke orang tua itu dan mengumumkan, "kakakku dan aku berbeda pendapat tentang siapa di antara kami yang melakukan Wudhu paling baik.. Apakah Anda mau menjadi hakim untuk menentukan siapa salah satu dari kami yang melakukan Wudhu lebih benar?"
Pria itu memperhatikan dua cucu Rasulullah SAW melakukan Wudhu secara eksplisit. Setelah mereka selesai, ia mengucapkan terima kasih kepada mereka dan berkata, "Demi Allah, aku tidak tahu bagaimana melakukan Wudhu sebelum ini. Kalian berdua mengajariku bagaimana melakukannya dengan benar."
Kita harus memahami bahwa ada dua dimensi Hikmah. Pertama, adalah Hikmah pengetahuan - Hikmah Ilmiyyah. Dan kedua, adalah Hikmah Aksi - Hikmah Amaliyyah.
Beberapa orang mungkin memiliki Hikmah pengetahuan. Tetapi kita melihat bahwa ketika mereka mencoba mengoreksi orang lain, menasehati mereka, mereka tidak memiliki Hikmah Aksi. Hal ini menyebabkan banyak orang umum menolak Hikmah pengetahuan.
Untuk menggambarkan Hikmah pengetahuan tanpa Hikmah tindakan ini, saudara sesekali menyelesaikan Shalat di Masjid setempat dan kemudian mulai berjabat tangan dengan orang-orang di kanan dan kiri. Saudara mendapatkan uluran tangan dari sebelah kanan dan langsung menampar tangannya dan membentak, "Itu bukan bagian dari Sunnah!" Orang itu menjawab paling benar, "Oh, sedang kan menghina dan tidak menghormati orang lain adalah bagian dari Sunnah?"
Untuk menunjukkan Hikmah ketika kita berbeda pendapat memerlukan sebagai berikut:
Satu: Ketulusan. Jika kita berbeda, niat kita seharusnya bahwa kita berbeda dengan harapan tulus untuk datang dan pergi dengan kebenaran. Niat kita harus tulus kepada Allah.
Kita tidak seharusnya berbeda hanya untuk melepaskan benci atau iri dalam hati kita. Kita tidak seharusnya berbeda untuk mempermalukan orang seperti kita mungkin telah dipermalukan.
Rasulullah berkata, "Barangsiapa yang mempelajari pengetahuan - pengetahuan dari apa yang harus dicari demi Allah - hanya untuk mendapatkan komiditas dunia materi, ia tidak akan mencium bau wangi surga pada hari kebangkitan." - Sebuah hadits otentik diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam Kitab Al-Ilm.
Dua: Kebaikan dan Kelembutan. Untuk memiliki Hikmah ketika berbeda berarti kita harus tidak meninggalkan suasana kebaikan dan kelembutan, kita harus jangan membiarkan diri kita menjadi marah dan meninggikan suara kita.
Firaun adalah salah satu orang yang paling jahat yang pernah hidup. Musa adalah salah satu yang paling mulia. Lihatlah bagaimana Allah mengatakan kepada Musa untuk menasihati Fir'aun...
"Pergilah, kalian berdua, kepada Fir'aun. Sesungguhnya dia telah melanggar. Dan berbicara kepadanya dengan suara lembut, mungkin ia akan ingat atau takut (kepada Allah)."
Seorang pria satu kali masuk pada Khalifah dan menghukum dia untuk beberapa kebijakan yang telah diambil. Khalifah menjawab, "Demi Allah, Fir'aun adalah lebih jahat daripada aku. Dan demi Allah, Musa lebih saleh daripada engkau, Namun Allah memerintahkan dia... 'berbicaralah dengannya dengan perkataan yang lembut, mungkin ia dapat mengingat atau takut (kepada Allah)."
Tiga: Luangkan Waktu Anda dan Klarifikasi. Untuk memiliki Hikmah ketika berhadapan dengan orang lain adalah untuk bersabar dan mendapatkan kejelasan sebelum sampai kepada kesimpulan.
Imam Ahmad meriwayatkan dengan rantai perawinya yang mengarah ke Ibnu Abbas yang berkata, "Seorang pria dari Bani Salim melewati sekelompok sahabat Nabi (pada saat perang). Orang itu berkata 'as salamu alaikum' kepada mereka. Para sahabat menyimpulkan bahwa dia hanya mengatakan 'as salamu alaikum' kepada mereka sebagai penipuan untuk menyelamatkan dirinya agar tidak ditangkap. Mereka mengelilingi dia dan Malham bin Juthaamah membunuhnya. Dari peristiwa itu Allah menurunkan ayat ini...
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan "salam" kepadamu: "Kamu bukan seorang mukmin" (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan di dunia, karena di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu, lalu Allah menganugerahkan nikmat-Nya atas kamu, maka telitilah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." Surah Annisa, 4:94.
Keempat: Berbicara baik. Jangan pernah menukar kata-kata baik dengan kekerasan, terutama ketika berhadapan dengan umat Islam lainnya.
Lihatlah kekuatan kata tulus dan sopan: Mus'ab bin Umair adalah duta besar Rasulullah yang pertama di Madinah. Sebelum Rasulullah tiba di Madinah, Mus'ab mengajarkan penduduk Madinah tentang Islam dan mereka mulai memasuki Din Islam.
Sa'd ibn 'Ubaadah, salah satu pemimpin Madinah marah. Ia menyarungkan pedangnya dan berangkat untuk mencari kepala Mus'ab ibn 'Umayr. Ketika ia berhadapan dengan Mus'ab ia mengancam, "Hentikan bicara omong kosongmu atau kau akan menemukan dirimu mati!"
Mus'ab menjawab dengan cara yang seharusnya menjadi pelajaran bagi kita semua. Lelaki di depannya ini tidak berhenti pada kekasaran dan kebodohan, ia ingin menggorok tenggorokannya.
Mus'ab berkata, "Apakah tidak sebaiknya Engkau duduk dan mendengarkan selama beberapa saat.. Jika Engkau setuju dengan apa yang saya katakan ambillah, dan jika tidak, kita akan berhenti dari membicarakan ini" Sa'd duduk.
Mus'ab berbicara tentang Allah dan Rasul-Nya sampai wajah Sa'd bin Ubaadah bersinar seperti bulan purnama dan dia berkata, "Apa yang harus dilakukan seseorang yang ingin masuk ke dalam Din ini?" Setelah Mus'ab mengatakan kepadanya ia berkata, "Ada seorang pria, jika ia menerima Din ini, tidak akan ada rumah di Madinah yang tidak akan menjadi muslim. Dialah Sa'd bin Mu'aadh."
Ketika Sa'ad bin Mu'aadh mendengar apa yang terjadi, ia marah. Dia meninggalkan rumahnya untuk pergi dan membunuh orang yang disebut Mus'ab bin Umair untuk menghentikan yang ia lakukan. Ia datang pada Mus'ab dan mengumumkan, "Engkau harus berhenti dari agama yang engkau bicarakan atau engkau akan menemukan dirimu mati!"
Mus'ab menjawab, "Apakah tidak sebaiknya Engkau duduk dan mendengarkan selama beberapa saat. Jika Engkau setuju dengan apa yang saya katakan ambillah, dan jika tidak, aku akan berhenti dari pembicaraan ini." Sa'd duduk.
Mus'ab berbicara tentang Allah dan Rasul-Nya sampai wajah Sa'ad bin Mu'aadh bersinar seperti bulan purnama dan dia berkata, "Apa yang harus dilakukan seseorang yang ingin masuk ke dalam Din ini?"
Lihatlah apa yang dilakukan oleh kata-kata yang baik itu. Sa'd ibn Mu'aadh pulang ke suku Madinah malam itu dan mengumumkan kepada mereka semua, "Segalanya yang ada padamu adalah Haram bagiku sampai engkau semua masuk ke dalam Islam."
Malam itu, setiap rumah di Madinah pergi tidur dengan Laa ilaaha illa Allah... semua karena kata-kata yang baik.
Siapa yang menang?
Mu'awiyah ibn al-Hakam al-Salami. Ketika ia datang ke Madinah dari gurun, dia tidak tahu bahwa dilarang untuk berbicara selama mengerjakan shalat. Dia menceritakan: "Sementara aku sedang shalat di belakang Rasulullah SAW, seorang pria bersin, jadi aku berkata 'Yarhamuk Allah' (semoga Allah merahmati Anda)." Orang-orang melotot ke arahku, sehingga aku berkata, 'Apakah ibuku kehilanganku?! Apa yang salah dengan mu sehingga engkau melotot kepadaku?' Mereka mulai menampar paha mereka dengan tangan mereka, dan ketika aku melihat bahwa mereka menunjukkan bahwa aku harus diam, aku berhenti berbicara (aku hampir ingin menjawab mereka kembali, tapi aku mengendalikan diri dan diam).
Ketika Rasulullah SAW telah selesai shalat - Aku belum pernah melihat guru yang lebih baik daripada dia sebelum atau setelahnya - dia tidak memarahiku atau memukulku atau membuatku malu. Dia hanya mengatakan, 'Shalat ini harus tidak berisi apa-apa tentang pembicaraan manusia, melainkan hanya tasbiih dan takbir dan bacaan dari Al-Qur'an.' "(Shahih Muslim, 'Abd al-Baaqi edn.., 537).
Islam menunjukkan kepada kita bagaimana untuk berbeda dengan satu sama lain. Beberapa orang berpikir bahwa kita tidak boleh berbeda sama sekali dan semua perbedaan pendapat harus dihindari. Sebenarnya, ini adalah asumsi yang salah, Al-Qur'an dan Sunnah menunjukkan dengan jelas bahwa ketika terjadi kesalahan itu harus diperbaiki. Justru membantu orang lain melakukan apa yang benar adalah yang disyaratkan dalam Din, Nasihat yang tulus.
Kita melihat ketika Rasulullah berpaling dari Abdullah ibn Ummu Maktoom, orang buta, Allah mengoreksinya dalam Al-Qur'an ...
"(Nabi) bermuka masam dan berpaling, Karena telah datang kepadanya orang buta. Tapi apa yang bisa memberi tahu engkau bahwa barangkali ia akan menjadi murni (dari dosa) nya? Atau bahwa ia dapat menerima peringatan, dan peringatan yang mungkin keuntungan baginya?" - Surah Abasa, 1-4
Ketika Haatib bin Abi Balta'ah RA membuat kesalahan dengan menulis kepada orang-orang kafir Quraisy dan menginformasikan kepada mereka tentang arah ke mana Nabi Saw berjalan pada kampanye militer melawan mereka, Allah mengungkapkan kata-kata:
"Hai kalian yang beriman! Jangan ambil musuh-Ku dan musuhmu sebagai teman ..." - Surah Mumtahanah:1
Dan seterusnya. Jadi kita belajar bahwa ketika terjadi kesalahan, itu harus diperbaiki. Namun, metode koreksi yang bagaimana yang perlu menjadi perhatian kita.
Setiap kali Muslim berpendapat, seolah-olah masing-masing pihak membawa spanduk: 'Saya harus menang dan anda harus kalah!' Mencermati Hadits, Sunnah menunjukkan kepada kita bahwa hal ini tidak pernah terjadi dengan cara Rasulullah bertindak. Perhatikan contoh berikut:
"Aku kalah dan anda menang!"
Seorang Badui datang kepada Rasulullah SAW dan berkata kepadanya, "Berikan aku dari apa yang Allah berikan kepadamu, bukan dari kekayaan ibumu atau dari kekayaan ayahmu." Para sahabat sangat marah kepada pria tersebut dan melangkah maju untuk mendisiplinkan dia untuk apa yang dia katakan. Rasulullah memerintahkan semua orang untuk menjauhinya.
Kemudian dengan tangan, Rasul Allah membawanya pulang, membuka pintu dan berkata, "Ambillah apa yang engkau inginkan dan tinggalkan apa yang tidak Engkau inginkan." Pria itu melakukannya dan setelah dia selesai, Rasulullah bertanya kepadanya, "Apakah aku menyanjungmu?" "Ya, demi Allah," kata Badui. "Ash hadu alla ilaaha illa laa Allah, wa ashhadu anna Muhammadar Rasul Allah." (Artinya dia memeluk Islam)
Ketika para sahabat mendengar tentang bagaimana orang itu berubah, Rasulullah SAW mengajari mereka. "Sesungguhnya contoh diriku, kalian dan Badui ini adalah seperti seorang pria yang mendapatkan untanya melarikan diri. Warga kota menangkap unta untuknya dengan berlari dan berteriak kepada unta, hanya untuk mengusir unta itu lebih jauh. Pria itu akan berteriak, 'Tinggalkan aku dan untaku, aku mengetahui untaku lebih baik." Lalu ia mengambil beberapa rumput di tangannya, mengacung-acungkan di depan unta, sampai ia datang dengan rela.
'Demi Allah, seandainya aku meninggalkan kepada kalian Badui ini, kalian akan memukulnya, menyakitinya, ia akan meninggalkan Islam dan akhirnya masuk neraka. "
"Aku menang dan kau kalah!"
Seorang muslim tidak boleh memiliki sikap pembelaan untuk segala yang dihadapkan kepadanya. Ada kalanya kebenaran harus dikatakan, ketika tidak ada ruang untuk pujian.
Ketika para wanita Makhzoomi - perempuan dari keluarga kaya - mencuri, Rasulullah didekati orang agar hukumannya dibatalkan. Rasulullah menjadi sangat marah dan berdiri di atas mimbar dan mengumumkan, "Demi Allah, bila Fatima putri Muhammad mencuri saya akan memotong tangannya."
Tidak ada ruang untuk pujian, kebenaran harus ditegakkan. Di sinilah etiket dalam perselisihan yang kita bicarakan sebelumnya.
"Aku menang dan anda menang!"
Tidak selalu harus menjadi pecundang. Kita melihat dalam banyak kasus bahwa Rasulullah memberi jalan keluar bagi orang-orang yang berbeda dengannya.
Ketika ia mengirimkan surat kepada Kaisar, kata-kata di dalamnya, "Menjadi Muslim dan engkau akan aman, Allah akan memberikan balasanmu ganda!"
Dia tidak mengatakan menyerah atau mati! Tidak seperti itu. Menjadi Muslim dan Anda akan menang, dan kemenangan Anda ganda.
Saya akan akhiri dengan contoh bersinar tentang bagaimana bertindak terhadap Muslim lain dari peran model kita, Abu Bakar:
Abu Bakar suatu kali bertentangan dengan rekan yang lain tentang pohon. Selama sengketa Abu Bakar mengatakan sesuatu yang lebih baik tidak ia katakan. Dia tidak mengutuk, dia tidak menyerang kehormatan seseorang, ia tidak menunjuk kesalahan siapa pun, semua yang ia katakan adalah sesuatu yang mungkin telah melukai perasaan rekan lain tersebut.
Segera, Abu Bakar - memahami kesalahannya - memerintahkannya, "Katakanlah kembali padaku!" pendamping itu berkata, "Saya tidak akan mengatakan kembali." "Katakanlah kembali kepadaku," kata Abu Bakar, "Atau aku akan mengadukan kepada Rasulullah SAW." sahabatnya menolak untuk mengatakan kembali dan melanjutkan perjalanan.
Abu Bakar pergi ke Rasulullah SAW dan menceritakan terkait apa yang telah terjadi dan apa yang dia katakan. Rasulullah SAW memanggil rekan tersebut dan bertanya kepadanya, "Apakah Abu Bakar berkata begitu dan begitu kepadamu?" Dia berkata, "Ya." Dia berkata, "Apa yang kau jawab." Dia berkata, "Aku tidak membalas kembali padanya." Rasul Allah berkata, "Bagus, jangan membalas kembali padanya (tidak menyakiti Abu Bakar) '. Sebaliknya katakanlah,' Semoga Allah mengampuni kamu wahai Abu Bakar!"
Sahabat itu berbalik kepada Abu Bakar dan berkata, "Semoga Allah mengampuni engkau wahai Abu Bakar! Semoga Allah mengampuni engkau wahai Abu Bakar!" Abu Bakar berbalik dan menangis saat ia berjalan pergi.
Mari kita berjalan hari ini dengan tekad untuk menghidupkan kembali udara di mana Rasulullah dan para sahabatnya bernapas, udara kehormatan dan kasih dan persaudaraan.
"Menghormati Perbedaan-perbedaan Kita", oleh Muhammad Alshareef
Imam Malik satu hari masuk ke Masjid setelah Ashar. Saat memasuki Masjid An-Nabawi beliau mendekat dan duduk. Rasulullah telah memerintahkan bahwa siapa pun yang memasuki Masjid sebaiknya tidak langsung duduk sampai ia pertama kali shalat 2 rakaat sebagai salam untuk Masjid. Imam Malik berpendapat bahwa Allah melarang Rasul shalat setelah shalat Ashar dan dia akan mengajarkan murid-muridnya untuk tidak shalat tahiyyatul Masjid jika mereka masuk pada waktu antara Ashar dan Maghrib. Pada saat Imam Malik duduk, seorang anak muda melihatnya duduk tanpa terlebih dahulu shalat 2 rakaat Tahiyyatul Masjid. Anak muda mencemooh dia, "Bangunlah dan shalat 2 rakaat!"
Imam Malik patuh berdiri dan mulai shalat 2 rakaat. Para siswa duduk tertegun: Apa yang terjadi? Apakah pendapat Imam Malik berubah?
Setelah ia telah menyelesaikan shalat, para siswa mengerumuninya dan mempertanyakan tindakannya. Imam Malik berkata, "Pendapatku tidak berubah, juga aku tidak menarik kembali pada apa yang aku ajarkan sebelumnya. Aku hanya takut bahwa seandainya aku tidak shalat 2 rakaat sebagaimana diperintahkan anak muda, Allah mungkin memasukkan saya di Ayat...
"Dan apabila dikatakan kepada mereka, 'Rukuklah (dalam shalat)', mereka tidak rukuk." - Al Mursalat 77/48.
Imam Ahmad berpegang pada pendapat bahwa makan daging unta membatalkan Wudhu, berbeda berpendapat dengan mayoritas ulama. Beberapa siswa bertanya kepadanya, "Jika Anda menemukan seseorang makan daging unta dan menjadi Imam di depan Anda - tanpa terlebih dahulu Wudhu - kemudian memimpin Shalat, akankah anda shalat di belakangnya?" Imam Ahmad menjawab, "Apakah kamu pikir aku tidak akan shalat di belakang Imam Malik dan Sa'id ibn Al-Musayyab?"
Allah menciptakan manusia dengan perbedaan. Ini adalah hukum penciptaan. Bahasa yang berbeda, warna kulit berbeda, budaya yang berbeda... Itu semua yang di luar. Di dalam, manusia diciptakan dengan banyak derajat pengetahuan, kecerdasan, dan pemahaman konsep. Ini semua tanda dari Allah yang menunjukkan kekuasaan-Nya untuk melakukan apapun yang Dia kehendaki:
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah penciptaan langit dan bumi, dan berbeda dalam bahasa Anda dan warna kulit Anda: Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi mereka yang tahu." [30:22]
Manusia pasti berbeda, ini tidak masalah. Masalahnya adalah: Bagaimana sebagai seorang muslim harus satu dalam menghadapi perbedaan-perbedaan pendapat dan bagaimana seharusnya hubungan kita dengan seseorang yang pendapatnya berbeda.
Allah ta'ala memerintahkan kita untuk memanggil dan menasihati orang dalam Din Al-Islam ini. Banyak Muslim yang menjalankan misi ini tertutup matanya, tidak menyadari bahwa petunjuk tersebut ada juga di dalam Al Qur'an. Bahkan, dalam ayat yang sama dimana Allah memerintahkan kita untuk memanggil dan menasihati orang-orang di Din ini, Allah mengajarkan kita bagaimana untuk melakukannya. Bacalah ayat berikut ini dengan seksama:
"Ajaklah kepada jalan Tuhanmu dengan kebijaksanaan dan pengajaran yang baik dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang terbaik!" - Surah An-Nahl 16/125.
Tidak perlu berfilsafat. Tidak perlu bicara di taman bunga. Langsung ke pokok, polos dan sederhana untuk siapa saja yang mau mengambil pelajaran.
Di Ayat tersebut ada tiga resep untuk bersikap ketika kita tidak setuju dengan seseorang. Allah mengajarkan kita bila berdebat tentang kebenaran, mengajarkan kita bagaimana untuk melakukannya:
1. Dengan Hikmah (kebijaksanaan)
2. Dengan instruksi yang baik, dan
3. Untuk berdebat dengan cara yang paling baik.
Apa artinya memiliki Hikmah saat berbeda dengan seseorang? Cucu dari Rasulullah SAW pernah menunjukkan salah satu contoh yang paling indah dari Hikmah dalam menasihati orang lain. Al-Hasan dan Al-Husain - dalam usia muda mereka - pernah melihat seorang laki-laki tua mengerjakan Wudhu secara tidak benar. Bersama-sama mereka mengatur rencana untuk mengajarkan manusia tanpa menghinanya, menasihatinya sesuai dengan usianya.
Bersama-sama mereka pergi ke orang tua itu dan mengumumkan, "kakakku dan aku berbeda pendapat tentang siapa di antara kami yang melakukan Wudhu paling baik.. Apakah Anda mau menjadi hakim untuk menentukan siapa salah satu dari kami yang melakukan Wudhu lebih benar?"
Pria itu memperhatikan dua cucu Rasulullah SAW melakukan Wudhu secara eksplisit. Setelah mereka selesai, ia mengucapkan terima kasih kepada mereka dan berkata, "Demi Allah, aku tidak tahu bagaimana melakukan Wudhu sebelum ini. Kalian berdua mengajariku bagaimana melakukannya dengan benar."
Kita harus memahami bahwa ada dua dimensi Hikmah. Pertama, adalah Hikmah pengetahuan - Hikmah Ilmiyyah. Dan kedua, adalah Hikmah Aksi - Hikmah Amaliyyah.
Beberapa orang mungkin memiliki Hikmah pengetahuan. Tetapi kita melihat bahwa ketika mereka mencoba mengoreksi orang lain, menasehati mereka, mereka tidak memiliki Hikmah Aksi. Hal ini menyebabkan banyak orang umum menolak Hikmah pengetahuan.
Untuk menggambarkan Hikmah pengetahuan tanpa Hikmah tindakan ini, saudara sesekali menyelesaikan Shalat di Masjid setempat dan kemudian mulai berjabat tangan dengan orang-orang di kanan dan kiri. Saudara mendapatkan uluran tangan dari sebelah kanan dan langsung menampar tangannya dan membentak, "Itu bukan bagian dari Sunnah!" Orang itu menjawab paling benar, "Oh, sedang kan menghina dan tidak menghormati orang lain adalah bagian dari Sunnah?"
Untuk menunjukkan Hikmah ketika kita berbeda pendapat memerlukan sebagai berikut:
Satu: Ketulusan. Jika kita berbeda, niat kita seharusnya bahwa kita berbeda dengan harapan tulus untuk datang dan pergi dengan kebenaran. Niat kita harus tulus kepada Allah.
Kita tidak seharusnya berbeda hanya untuk melepaskan benci atau iri dalam hati kita. Kita tidak seharusnya berbeda untuk mempermalukan orang seperti kita mungkin telah dipermalukan.
Rasulullah berkata, "Barangsiapa yang mempelajari pengetahuan - pengetahuan dari apa yang harus dicari demi Allah - hanya untuk mendapatkan komiditas dunia materi, ia tidak akan mencium bau wangi surga pada hari kebangkitan." - Sebuah hadits otentik diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam Kitab Al-Ilm.
Dua: Kebaikan dan Kelembutan. Untuk memiliki Hikmah ketika berbeda berarti kita harus tidak meninggalkan suasana kebaikan dan kelembutan, kita harus jangan membiarkan diri kita menjadi marah dan meninggikan suara kita.
Firaun adalah salah satu orang yang paling jahat yang pernah hidup. Musa adalah salah satu yang paling mulia. Lihatlah bagaimana Allah mengatakan kepada Musa untuk menasihati Fir'aun...
"Pergilah, kalian berdua, kepada Fir'aun. Sesungguhnya dia telah melanggar. Dan berbicara kepadanya dengan suara lembut, mungkin ia akan ingat atau takut (kepada Allah)."
Seorang pria satu kali masuk pada Khalifah dan menghukum dia untuk beberapa kebijakan yang telah diambil. Khalifah menjawab, "Demi Allah, Fir'aun adalah lebih jahat daripada aku. Dan demi Allah, Musa lebih saleh daripada engkau, Namun Allah memerintahkan dia... 'berbicaralah dengannya dengan perkataan yang lembut, mungkin ia dapat mengingat atau takut (kepada Allah)."
Tiga: Luangkan Waktu Anda dan Klarifikasi. Untuk memiliki Hikmah ketika berhadapan dengan orang lain adalah untuk bersabar dan mendapatkan kejelasan sebelum sampai kepada kesimpulan.
Imam Ahmad meriwayatkan dengan rantai perawinya yang mengarah ke Ibnu Abbas yang berkata, "Seorang pria dari Bani Salim melewati sekelompok sahabat Nabi (pada saat perang). Orang itu berkata 'as salamu alaikum' kepada mereka. Para sahabat menyimpulkan bahwa dia hanya mengatakan 'as salamu alaikum' kepada mereka sebagai penipuan untuk menyelamatkan dirinya agar tidak ditangkap. Mereka mengelilingi dia dan Malham bin Juthaamah membunuhnya. Dari peristiwa itu Allah menurunkan ayat ini...
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan "salam" kepadamu: "Kamu bukan seorang mukmin" (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan di dunia, karena di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu, lalu Allah menganugerahkan nikmat-Nya atas kamu, maka telitilah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." Surah Annisa, 4:94.
Keempat: Berbicara baik. Jangan pernah menukar kata-kata baik dengan kekerasan, terutama ketika berhadapan dengan umat Islam lainnya.
Lihatlah kekuatan kata tulus dan sopan: Mus'ab bin Umair adalah duta besar Rasulullah yang pertama di Madinah. Sebelum Rasulullah tiba di Madinah, Mus'ab mengajarkan penduduk Madinah tentang Islam dan mereka mulai memasuki Din Islam.
Sa'd ibn 'Ubaadah, salah satu pemimpin Madinah marah. Ia menyarungkan pedangnya dan berangkat untuk mencari kepala Mus'ab ibn 'Umayr. Ketika ia berhadapan dengan Mus'ab ia mengancam, "Hentikan bicara omong kosongmu atau kau akan menemukan dirimu mati!"
Mus'ab menjawab dengan cara yang seharusnya menjadi pelajaran bagi kita semua. Lelaki di depannya ini tidak berhenti pada kekasaran dan kebodohan, ia ingin menggorok tenggorokannya.
Mus'ab berkata, "Apakah tidak sebaiknya Engkau duduk dan mendengarkan selama beberapa saat.. Jika Engkau setuju dengan apa yang saya katakan ambillah, dan jika tidak, kita akan berhenti dari membicarakan ini" Sa'd duduk.
Mus'ab berbicara tentang Allah dan Rasul-Nya sampai wajah Sa'd bin Ubaadah bersinar seperti bulan purnama dan dia berkata, "Apa yang harus dilakukan seseorang yang ingin masuk ke dalam Din ini?" Setelah Mus'ab mengatakan kepadanya ia berkata, "Ada seorang pria, jika ia menerima Din ini, tidak akan ada rumah di Madinah yang tidak akan menjadi muslim. Dialah Sa'd bin Mu'aadh."
Ketika Sa'ad bin Mu'aadh mendengar apa yang terjadi, ia marah. Dia meninggalkan rumahnya untuk pergi dan membunuh orang yang disebut Mus'ab bin Umair untuk menghentikan yang ia lakukan. Ia datang pada Mus'ab dan mengumumkan, "Engkau harus berhenti dari agama yang engkau bicarakan atau engkau akan menemukan dirimu mati!"
Mus'ab menjawab, "Apakah tidak sebaiknya Engkau duduk dan mendengarkan selama beberapa saat. Jika Engkau setuju dengan apa yang saya katakan ambillah, dan jika tidak, aku akan berhenti dari pembicaraan ini." Sa'd duduk.
Mus'ab berbicara tentang Allah dan Rasul-Nya sampai wajah Sa'ad bin Mu'aadh bersinar seperti bulan purnama dan dia berkata, "Apa yang harus dilakukan seseorang yang ingin masuk ke dalam Din ini?"
Lihatlah apa yang dilakukan oleh kata-kata yang baik itu. Sa'd ibn Mu'aadh pulang ke suku Madinah malam itu dan mengumumkan kepada mereka semua, "Segalanya yang ada padamu adalah Haram bagiku sampai engkau semua masuk ke dalam Islam."
Malam itu, setiap rumah di Madinah pergi tidur dengan Laa ilaaha illa Allah... semua karena kata-kata yang baik.
Siapa yang menang?
Mu'awiyah ibn al-Hakam al-Salami. Ketika ia datang ke Madinah dari gurun, dia tidak tahu bahwa dilarang untuk berbicara selama mengerjakan shalat. Dia menceritakan: "Sementara aku sedang shalat di belakang Rasulullah SAW, seorang pria bersin, jadi aku berkata 'Yarhamuk Allah' (semoga Allah merahmati Anda)." Orang-orang melotot ke arahku, sehingga aku berkata, 'Apakah ibuku kehilanganku?! Apa yang salah dengan mu sehingga engkau melotot kepadaku?' Mereka mulai menampar paha mereka dengan tangan mereka, dan ketika aku melihat bahwa mereka menunjukkan bahwa aku harus diam, aku berhenti berbicara (aku hampir ingin menjawab mereka kembali, tapi aku mengendalikan diri dan diam).
Ketika Rasulullah SAW telah selesai shalat - Aku belum pernah melihat guru yang lebih baik daripada dia sebelum atau setelahnya - dia tidak memarahiku atau memukulku atau membuatku malu. Dia hanya mengatakan, 'Shalat ini harus tidak berisi apa-apa tentang pembicaraan manusia, melainkan hanya tasbiih dan takbir dan bacaan dari Al-Qur'an.' "(Shahih Muslim, 'Abd al-Baaqi edn.., 537).
Islam menunjukkan kepada kita bagaimana untuk berbeda dengan satu sama lain. Beberapa orang berpikir bahwa kita tidak boleh berbeda sama sekali dan semua perbedaan pendapat harus dihindari. Sebenarnya, ini adalah asumsi yang salah, Al-Qur'an dan Sunnah menunjukkan dengan jelas bahwa ketika terjadi kesalahan itu harus diperbaiki. Justru membantu orang lain melakukan apa yang benar adalah yang disyaratkan dalam Din, Nasihat yang tulus.
Kita melihat ketika Rasulullah berpaling dari Abdullah ibn Ummu Maktoom, orang buta, Allah mengoreksinya dalam Al-Qur'an ...
"(Nabi) bermuka masam dan berpaling, Karena telah datang kepadanya orang buta. Tapi apa yang bisa memberi tahu engkau bahwa barangkali ia akan menjadi murni (dari dosa) nya? Atau bahwa ia dapat menerima peringatan, dan peringatan yang mungkin keuntungan baginya?" - Surah Abasa, 1-4
Ketika Haatib bin Abi Balta'ah RA membuat kesalahan dengan menulis kepada orang-orang kafir Quraisy dan menginformasikan kepada mereka tentang arah ke mana Nabi Saw berjalan pada kampanye militer melawan mereka, Allah mengungkapkan kata-kata:
"Hai kalian yang beriman! Jangan ambil musuh-Ku dan musuhmu sebagai teman ..." - Surah Mumtahanah:1
Dan seterusnya. Jadi kita belajar bahwa ketika terjadi kesalahan, itu harus diperbaiki. Namun, metode koreksi yang bagaimana yang perlu menjadi perhatian kita.
Setiap kali Muslim berpendapat, seolah-olah masing-masing pihak membawa spanduk: 'Saya harus menang dan anda harus kalah!' Mencermati Hadits, Sunnah menunjukkan kepada kita bahwa hal ini tidak pernah terjadi dengan cara Rasulullah bertindak. Perhatikan contoh berikut:
"Aku kalah dan anda menang!"
Seorang Badui datang kepada Rasulullah SAW dan berkata kepadanya, "Berikan aku dari apa yang Allah berikan kepadamu, bukan dari kekayaan ibumu atau dari kekayaan ayahmu." Para sahabat sangat marah kepada pria tersebut dan melangkah maju untuk mendisiplinkan dia untuk apa yang dia katakan. Rasulullah memerintahkan semua orang untuk menjauhinya.
Kemudian dengan tangan, Rasul Allah membawanya pulang, membuka pintu dan berkata, "Ambillah apa yang engkau inginkan dan tinggalkan apa yang tidak Engkau inginkan." Pria itu melakukannya dan setelah dia selesai, Rasulullah bertanya kepadanya, "Apakah aku menyanjungmu?" "Ya, demi Allah," kata Badui. "Ash hadu alla ilaaha illa laa Allah, wa ashhadu anna Muhammadar Rasul Allah." (Artinya dia memeluk Islam)
Ketika para sahabat mendengar tentang bagaimana orang itu berubah, Rasulullah SAW mengajari mereka. "Sesungguhnya contoh diriku, kalian dan Badui ini adalah seperti seorang pria yang mendapatkan untanya melarikan diri. Warga kota menangkap unta untuknya dengan berlari dan berteriak kepada unta, hanya untuk mengusir unta itu lebih jauh. Pria itu akan berteriak, 'Tinggalkan aku dan untaku, aku mengetahui untaku lebih baik." Lalu ia mengambil beberapa rumput di tangannya, mengacung-acungkan di depan unta, sampai ia datang dengan rela.
'Demi Allah, seandainya aku meninggalkan kepada kalian Badui ini, kalian akan memukulnya, menyakitinya, ia akan meninggalkan Islam dan akhirnya masuk neraka. "
"Aku menang dan kau kalah!"
Seorang muslim tidak boleh memiliki sikap pembelaan untuk segala yang dihadapkan kepadanya. Ada kalanya kebenaran harus dikatakan, ketika tidak ada ruang untuk pujian.
Ketika para wanita Makhzoomi - perempuan dari keluarga kaya - mencuri, Rasulullah didekati orang agar hukumannya dibatalkan. Rasulullah menjadi sangat marah dan berdiri di atas mimbar dan mengumumkan, "Demi Allah, bila Fatima putri Muhammad mencuri saya akan memotong tangannya."
Tidak ada ruang untuk pujian, kebenaran harus ditegakkan. Di sinilah etiket dalam perselisihan yang kita bicarakan sebelumnya.
"Aku menang dan anda menang!"
Tidak selalu harus menjadi pecundang. Kita melihat dalam banyak kasus bahwa Rasulullah memberi jalan keluar bagi orang-orang yang berbeda dengannya.
Ketika ia mengirimkan surat kepada Kaisar, kata-kata di dalamnya, "Menjadi Muslim dan engkau akan aman, Allah akan memberikan balasanmu ganda!"
Dia tidak mengatakan menyerah atau mati! Tidak seperti itu. Menjadi Muslim dan Anda akan menang, dan kemenangan Anda ganda.
Saya akan akhiri dengan contoh bersinar tentang bagaimana bertindak terhadap Muslim lain dari peran model kita, Abu Bakar:
Abu Bakar suatu kali bertentangan dengan rekan yang lain tentang pohon. Selama sengketa Abu Bakar mengatakan sesuatu yang lebih baik tidak ia katakan. Dia tidak mengutuk, dia tidak menyerang kehormatan seseorang, ia tidak menunjuk kesalahan siapa pun, semua yang ia katakan adalah sesuatu yang mungkin telah melukai perasaan rekan lain tersebut.
Segera, Abu Bakar - memahami kesalahannya - memerintahkannya, "Katakanlah kembali padaku!" pendamping itu berkata, "Saya tidak akan mengatakan kembali." "Katakanlah kembali kepadaku," kata Abu Bakar, "Atau aku akan mengadukan kepada Rasulullah SAW." sahabatnya menolak untuk mengatakan kembali dan melanjutkan perjalanan.
Abu Bakar pergi ke Rasulullah SAW dan menceritakan terkait apa yang telah terjadi dan apa yang dia katakan. Rasulullah SAW memanggil rekan tersebut dan bertanya kepadanya, "Apakah Abu Bakar berkata begitu dan begitu kepadamu?" Dia berkata, "Ya." Dia berkata, "Apa yang kau jawab." Dia berkata, "Aku tidak membalas kembali padanya." Rasul Allah berkata, "Bagus, jangan membalas kembali padanya (tidak menyakiti Abu Bakar) '. Sebaliknya katakanlah,' Semoga Allah mengampuni kamu wahai Abu Bakar!"
Sahabat itu berbalik kepada Abu Bakar dan berkata, "Semoga Allah mengampuni engkau wahai Abu Bakar! Semoga Allah mengampuni engkau wahai Abu Bakar!" Abu Bakar berbalik dan menangis saat ia berjalan pergi.
Mari kita berjalan hari ini dengan tekad untuk menghidupkan kembali udara di mana Rasulullah dan para sahabatnya bernapas, udara kehormatan dan kasih dan persaudaraan.
"Menghormati Perbedaan-perbedaan Kita", oleh Muhammad Alshareef
http://lintas-islam.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar