imagevoa-islam.com SEORANG penginjil Kristen mengaku bernama Amin Al-Barokah menulis buku misi berjudul Al-Masih Wal-Masihin Fil-Qur’an (76 halaman). Dengan judul dan nama penulis yang  sangat Islami itu, sang penginjil berharap banyak umat Islam yang tergiring akidahnya menjadi pengikut Yesus (Kristen).

Pada halaman 53-72 Amin Al-Barokah menulis kesaksian masuknya ke Kristen dalam judul “Kutemukan Mutiara Di Padang Pasir”. Dikisahkan bahwa ketika SMA, Amin Al-Barokah akrab dengan temannya yang beragama Kristen keturunan Cina. Suatu hari, dia ikut acara ritual Kristen di Bandung. Di tempat inilah dia menemukan jalan baru setelah mendengar ayat Alkitab (Bibel) dari pendeta yang memukau dirinya:

“Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan” (Kisah Para Rasul 4: 12).

“Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui aku” (Yohanes 14: 6).

Kedua ayat tersebut oleh Amin Al-Barokah dibandingkan dengan hadits Nabi.

…Penginjil murtadin Amin Al-Barokah alias Danu Kholil adalah penipu kelas ulung di Indonesia. Dia memalsukan ijazah sarjana agama Islam…

“Isa itu sesungguhnya adalah roh Allah dan firman-Nya” (HR. Anas bin Malik).

Dari pengambilan ayat-ayat di atas, jelas bahwa analogi Amin Al-Barokah sangat serampangan, sebab ketiga ayat tersebut berbicara pada konteks yang berlainan.

Keyakinan Amin Al-Barokah bahwa Yesus adalah juruselamat berdasarkan Kisah Para Rasul 4: 12 ini tidak bisa dibenarkan. Karena Kisah Para Rasul itu bukan Injil dan bukan sabda Yesus, melainkan tulisan Paulus. Semua orang tahu bahwa Paulus adalah bukan murid Yesus dan tidak pernah bertemu Yesus.

Sedangkan Injil Yohanes 14: 6 yang menyatakan bahwa Yesus adalah satu-satunya penunjuk jalan kebenaran, karena semua golongan Yahudi terperangkap dalam kesesatan dan penyelewengan terhadap syariat Musa. Ini memang benar, tapi hanya berlaku semasa hidupnya Nabi Isa saja. Sebab sebelum meninggalkan dunia ini, beliau sudah menyerahkan tugas kenabiannya kepada nabi yang lain. Melalui nubuatnya, beliau memberikan mandat untuk meneruskan risalah kenabian kepada Muhammad SAW.

“Dan ingatlah ketika Isa putra Maryam (Yesus anak Maria) berkata: “Hai Bani Israel, sesungguhnya aku ini utusan Allah untuk kamu, membenarkan kitab sebelum aku (yakni) Taurat, dan memberi kabar gembira (kepadamu) tentang datangnya seorang rasul sesudahku yang bernama Ahmad (Muhammad)…” (Qs. Ash-Shaff 6).

Dalam Injil sekarang ini masih bisa dilacak Nubuat tentang kedatangan Nabi Muhammad, antara lain dalam Yohanes 16: 7: 15. Dalam ayat ini, Nabi Muham­mad dinubuatkan sebagai “Penghibur” dan “Roh Kebenaran.”

“Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab ia tidak akan berkata-kata dari dirinya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakannya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari padamu. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari padaku” (Yohanes 16: 13-15)

Kedua kata ini tidak bisa dimasuki oleh pribadi manapun kecuali Nabi Muhammad SAW. (insya Allah pembahasan selengkapnya kami kupas pada kesempatan yang lain). Menurut Prof. Thoriq Chebab, kata “penghibur” dan “penolong” dalam bahasa Yunani disebut “periclutos” yang artinya terpuji (Ahmad atau Muhammad).

Salah Kaprah Terhadap Hadits

Setelah tergelincir kepada keyakinan terhadap ayat-ayat Bibel tentang keselamatan yang enak di telinga, kemudian Amin Al-Barokah tersesat oleh pemikiran yang salah kaprah. Maka penafsirannya terhadap hadits Nabi juga salah bahkan melenceng jauh dari kebenaran.

Hadits bahwa Nabi Isa itu ruh Allah dan firman Allah, sama sekali tidak mendukung doktrin Kristen bahwa Yesus adalah penjelmaan (inkarnasi) Tuhan. Hal ini karena dua alasan:

Pertama, makhluk yang mendapat tipuan ruh Allah itu bukan hanya Nabi Isa saja. Semua manusia tanpa kecuali ditiupkan ruh oleh Allah SWT. Sebab salah satu unsur kesempurnaan manusia adalah ruh.

“Allah yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina (air mani). Kemudian Dia menyempur­nakan dan meniupkan ke dalam (tubuh)nya ruh (ciptaan)-Nya(Qs. As-Sajdah 7-9).

Kedua, Nabi Isa AS disebut sebagai firman Allah juga bukan berarti penjelmaan Allah SWT. Dalam Al Qur`an surat Aali ‘Imraan 45 dan 171, Nabi Isa disebut firman Allah, maksudnya ketika menciptakan kelahiran Nabi Isa tanpa ayah, Allah Yang Maha Berkehendak cukup dengan berfirman “kun” (jadilah), maka jadilah Nabi Isa.

Hal ini didukung oleh surat Al Baqarah 117 dan Aali ‘Imraan 47 yang menyatakan bahwa jika meng­hendaki sesuatu cukuplah Allah mengatakan “kun” (jadilah) maka terjadilah. Hal ini ditegaskan lagi oleh surat Aali ‘Imraan 59, bahwa untuk menciptakan Nabi Isa yang lahir tanpa hubungan biologis seorang ayah, Allah cukup mengata­kan “Kun” (jadilah), maka lahirlah Isa AS tanpa seorang ayah (Qs. Ali Imran 59).

Jadi, hadits Anas bin Malik itu sama sekali tidak bisa dijadikan hujjah untuk mendukung doktrin Ketuhanan Yesus.

…belasan ayat Al-Qur'an dalam satu bab ini disalahgunakan penginjil untuk melegalisir Alkitab (Bibel) dan Bani Israel…

Penginjil Kristen Antek Israel

Dalam bab “Masihin Mengikuti Kebenaran Taurat dan Injil” halaman 50-52 Amin Al-Barokah mengutip 18 ayat Al-Qur’an yang diperalat sebagai legalitas keabsahan Alkitab (Bibel) dan kehebatan bani Israel. Ayat-ayat yang dikutip, di antaranya:

“Dan sungguh telah Kami berikan kepada Musa Kitab (Taurat), maka janganlah engkau di dalam keraguan menemuinya, dan Kami menjadikannya (Taurat) sebagai petunjuk bagi Bani Israil” (Qs. As-Sajdah 23).

“Hai Bani Israil, sungguh Kami melepaskan kamu dari musuh kamu, dan Kami telah berjanji dengan kamu di sebelah kanan bukit Thur itu dan Kami menurunkan manna dan salwa kepada kamu. Makanlah di antara yang baik-baik apa yang telah Kami rezekikan kepada kamu, dan janganlah melampaui batas padanya, menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan barangsiapa ditimpa kemarahan-Ku, maka sungguh dia binasa” (Qs. Thaahaa 80-81).

Ayat-ayat tersebut dikomentari sebagai berikut:

“Taurat dan Injil adalah kitab yang memberi petunjuk kepada kebenaran dan kepada jalan yang lurus” (hal. 50). “Mengapa saudara kita kaum Ismail membenci umat pilihan Allah, yaitu Bani Israel dan Masihin? Apakah mereka sungguh tidak tahu atau pura-pura tidak tahu bahwa Bani Israel dan Masihin adalah umat yang dipilih Allah?” (hal. 52).

Jelaslah bahwa belasan ayat Al-Qur'an dalam satu bab ini disalahgunakan penginjil untuk melegalisir Alkitab (Bibel) dan Bani Israel.

Kecaman terhadap Israel Menurut Al-Qur`an

Bani Israel dan bangsa Yahudi adalah keturunan Nabi Ibrahim yang mendapat limpahan karunia dari Allah SWT, melebihi karunia yang diberikan kepada bangsa lain (Qs. Al-Baqarah 57, 60). Tetapi, karena keingkaran dan pembangkangan mereka kepada kebenaran, maka posisi mereka berbalik 180 derajat. Sehingga tidak mengherankan bila kemudian Al-Qur’an banyak mengecam Bani Israel dengan cercaan yang tajam. Syaikh Musthafa Al-Maraghi dalam tafsirnya merinci karakter buruk bani Israel menjadi 76 sifat, antara lain:

Kaum yang tidak mengakui agama Kristen (Al-Baqarah 113), kaum yang pertama kali kafir kepada risalah Muhammad SAW (Al-Baqarah 41), kaum yang pertama kali menyatakan bahwa Tuhan punya anak (Al-Baqarah 116), kaum yang diperintahkan untuk melakukan bunuh diri massal (Al-Baqarah 54), kaum yang paling cerewet terhadap nabinya (Al-Baqarah 61), kaum yang hobi mempermainkan perintah nabinya (Al-Baqarah 67-71), kaum yang paling keras dalam menolak kebenaran ilahi (Al-Baqarah 74), dan masih banyak lagi.

…Al-Qur’an banyak mengecam Bani Israel dengan cercaan yang tajam. Syaikh Musthafa Al-Maraghi merinci karakter buruk bani Israel menjadi 76 sifat…

Kecaman terhadap Israel Menurut Alkitab (Bibel)

Dalam Alkitab (Bibel), Israel adalah kaum yang banyak dikecam dengan kecaman keras.

Musa menyebutkan bahwa orang-orang Israel itu durhaka dan hobi memanipulasi kebenaran kitab suci. Maka kepada mereka, Musa memberikan julukan “orang degil” dan orang yang “tegar tengkuk” terhadap Tuhan dalam kitab Ulangan 31: 27. Di ayat lain, bani Israel dikecam sebagai “penentang Tuhan” (Ulangan 9: 24).

Sedangkan kitab Mikha menyebut bani Israel sebagai “orang yang muak ter­hadap keadilan dan yang membengkokkan segala yang lurus,” karena para kepalanya memu­tus­­kan hukum karena suap, dan para imamnya mem­beri peng­ajaran karena bayaran, para nabinya menenung karena uang (Mikha 3: 9-11).

Yesus adalah utusan Allah khusus untuk bani Israel (Matius 10: 5-6). Meskipun Yesus sering menunjukkan mukjizat kepada kaumnya, ternyata mereka tidak mau menerima ajaran-ajaran Tuhan yang disampaikan oleh Yesus. Bahkan sebagai balas budinya, mereka membalas air susu dengan air tuba. Diceritakan dalam Bibel bahwa Yesus ditangkap, disiksa, dicambuk, ditelanjangi dan disalib dengan cara keji sampai mati dengan tragisnya.

Maka tidak mengherankan jika Yesus sendiri mengecam mereka dengan sebutan ular beludak. “Hai kamu ular-ular, hai kamu keturunan ular beludak! Bagaimanakah mungkin kamu dapat meluputkan diri dari hukuman neraka?” (Matius 23:33).

Dalam kesempatan yang lain, Yesus mencerca mereka dengan sebutan Angkatan yang Jahat. “Tetapi jawab Yesus kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus” (Matius 12:39).

…Dalam kesempatan yang lain, Yesus mencerca Israel dengan sebutan Angkatan yang Jahat…

Tipuan Penginjil Amin Al-Barokah

Siapakah sejatinya Penginjil Amin Al-Barokah? Sejatinya, nama “Amin Al-Barokah” adalah nama samaran. Hal ini bisa dilacak dari pengakuannya sendiri. Pada halaman 53-72 buku Al-Masih Wal-Masihin Fil-Qur`an Amin Al-Barokah menulis kesaksian perpindahan imannya dari Islam ke Kristen dalam judul “Kutemukan Mutiara Di Padang Pasir”.

Ternyata, kesaksian rohani tersebut pernah dimuat di majalah Gema Nehemia edisi 32. Di majalah Kristen ini, kesaksian yang sama persis dimuat dengan mengganti namanya menjadi nama asli, yaitu  Danu Kholil Dinata alias Theofilus Daniel.

Penginjil murtadin Amin Al-Barokah alias Danu Kholil ini adalah penipu kelas ulung di Indonesia. Beberapa tahun silam, dia ketahuan memalsukan ijazah sarjana agama di Sekolah Tinggi Agama Islam Cirebon (STAIC). Ijazah nomor 0445 milik To’at dicuri, lalu ditip-ex nama, foto dan nomornya dengan data Danu Kholil. Ijazah palsu ini kemudian dipakai untuk mengajar di beberapa Sekolah Tinggi Teologi (STT), antara lain STT Inalta, Bintaro.

Kebohongan lainnya, dalam kesaksian di buku tersebut Penginjil Amin Al-Barokah alias Danu Kholil mengaku sebagai alumnus pesantren Dar Al-Tauhid Arjawinangun Cirebon. Kesaksian ini juga bohong besar, karena dalam buku induk santri tidak ada nama Danu Kholil maupun Amin Al-Barokah. Berarti Amin Al-Barokah adalah sarjana dan santri gadungan.

Danu Kholil bukan sarjana agama, melainkan mahasiswa ‘DRS’ alias ‘durung rampung sekolah.’

Seyogyanya, Danu Kholil alias Amin Al-Barokah bertobat dari komoditi tipu-menipu, baik menipu jemaat di gereja maupun membohongi Tuhan dengan penafsiran ngawur terhadap ayat-ayatnya.

…Danu Kholil bukan sarjana agama, melainkan mahasiswa ‘DRS’ alias ‘durung rampung sekolah.’...

Bung Amin Al-Barokah harus berbohong, dan kembalilah ke jalan yang benar, supaya hidupmu berkelimpahan berkah. [a ahmad Hizbullah]

0 komentar:

Agenda Harian

Semoga kita senantiasa terpacu untuk mengukir prestasi amal yang akan memperberat timbangan kebaikan di yaumil akhir, berikut rangkaian yang bisa dilakukan

1. Agenda pada sepertiga malam akhir

a. Menunaikan shalat tahajjud dengan memanjangkan waktu pada saat ruku’ dan sujud di dalamnya,

b. Menunaikan shalat witir

c. Duduk untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah hingga azan subuh

Rasulullah saw bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

“Sesungguhnya Allah SWT selalu turun pada setiap malam menuju langit dunia saat 1/3 malam terakhir, dan Dia berkata: “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, dan barangsiapa yang meminta kepada-Ku maka akan Aku berikan, dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni”. (HR. Bukhari Muslim)


2. Agenda Setelah Terbit Fajar

a. Menjawab seruan azan untuk shalat subuh

” الَّلهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي وَعَدْتَهُ “

“Ya Allah, Tuhan pemilik seruan yang sempurna ini, shalat yang telah dikumandangkan, berikanlah kepada Nabi Muhammad wasilah dan karunia, dan bangkitkanlah dia pada tempat yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. (Ditashih oleh Al-Albani)

b. Menunaikan shalat sunnah fajar di rumah dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا

“Dua rakaat sunnah fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya”. (Muslim)

وَ قَدْ قَرَأَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي رَكْعَتَي الْفَجْرِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدَ

“Nabi saw pada dua rakaat sunnah fajar membaca surat “Qul ya ayyuhal kafirun” dan “Qul huwallahu ahad”.

c. Menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid –khususnya- bagi laki-laki.

Rasulullah saw bersabda:

وَلَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِي الْعَتْمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sekiranya manusia tahu apa yang ada dalam kegelapan dan subuh maka mereka akan mendatanginya walau dalam keadaan tergopoh-gopoh” (Muttafaqun alaih)

بَشِّرِ الْمَشَّائِيْنَ فِي الظّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّوْرِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Berikanlah kabar gembira kepada para pejalan di kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat”. (Tirmidzi dan ibnu Majah)

d. Menyibukkan diri dengan doa, dzikir atau tilawah Al-Quran hingga waktu iqamat shalat

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ

“Doa antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak” (Ahmad dan Tirmidzi dan Abu Daud)

e. Duduk di masjid bagi laki-laki /mushalla bagi wanita untuk berdzikir dan membaca dzikir waktu pagi

Dalam hadits nabi disebutkan:

كَانَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” إَذَا صَلَّى الْفَجْرَ تَرَبَّعَ فِي مَجْلِسِهِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ الْحَسَنَاءُ

” Nabi saw jika selesai shalat fajar duduk di tempat duduknya hingga terbit matahari yang ke kuning-kuningan”. (Muslim)

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran.

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya waktu fajar itu disaksikan (malaikat). (Al-Isra : 78) Dan memiliki komitmen sesuai kemampuannya untuk selalu:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah lebih banyak dari itu semua, maka akan menuai kebaikan berlimpah insya Allah.

3. Menunaikan shalat Dhuha walau hanya dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

“Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan sedekahnya, setiap hari ketika matahari terbit. Mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah, menolong orang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkat kan barang ke atas kendaraannya adalah sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, tiap-tiap langkahmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan membersihkan rintangan dari jalan adalah sedekah”. (Bukhari dan Muslim)

4. Berangkat kerja atau belajar dengan berharap karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمِلِ يَدِهِ، وَكَانَ دَاوُدُ لا يَأْكُلُ إِلا مِنْ عَمِلِ يَدِهِ

“Tidaklah seseorang memakan makanan, lebih baik dari yang didapat oleh tangannya sendiri, dan bahwa nabi Daud makan dari hasil tangannya sendiri”. (Bukhari)

Dalam hadits lainnya nabi juga bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang berjalan dalam rangka mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”. (Muslim)

d. Menyibukkan diri dengan dzikir sepanjang hari

Allah berfirman :

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Ketahuilah dengan berdzikir kepada Allah maka hati akan menjadi tenang” (Ra’ad : 28)

Rasulullah saw bersabda:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللهَ أَنْ تَمُوْتَ ولسانُك رَطْبٌ من ذِكْرِ الله

“Sebaik-baik perbuatan kepada Allah adalah saat engkau mati sementara lidahmu basah dari berdzikir kepada Allah” (Thabrani dan Ibnu Hibban) .

5. Agenda saat shalat Zhuhur

a. Menjawab azan untuk shalat Zhuhur, lalu menunaikan shalat Zhuhur berjamaah di Masjid khususnya bagi laki-laki

b. Menunaikan sunnah rawatib sebelum Zhuhur 4 rakaat dan 2 rakaat setelah Zhuhur

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang shalat 12 rakaat pada siang dan malam hari maka Allah akan membangunkan baginya dengannya rumah di surga”. (Muslim).

6. Agenda saat dan setelah shalat Ashar

a. Menjawab azan untuk shalat Ashar, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan shalat Ashar secara berjamaah di masjid

b. Mendengarkan nasihat di masjid (jika ada)

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يَعْلَمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حِجَّتُهُ

“Barangsiapa yang pergi ke masjid tidak menginginkan yang lain kecuali belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya ganjaran haji secara sempurna”. (Thabrani – hasan shahih)

c. Istirahat sejenak dengan niat yang karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

وَإِنَّ لِبَدَنِكَ عَلَيْكَ حَقٌّ

“Sesungguhnya bagi setiap tubuh atasmu ada haknya”.

Agenda prioritas:

Membaca Al-Quran dan berkomitmen semampunya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan, maka akan menuai kebaikan yang berlimpah insya Allah.

7. Agenda sebelum Maghrib

a. Memperhatikan urusan rumah tangga – melakukan mudzakarah – Menghafal Al-Quran

b. Mendengarkan ceramah, nasihat, khutbah, untaian hikmah atau dakwah melalui media

c. Menyibukkan diri dengan doa

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

“Doa adalah ibadah”

8. Agenda setelah terbenam matahari

a. Menjawab azan untuk shalat Maghrib

b. Menunaikan shalat Maghrib secara berjamaah di masjid (khususnya bagi laki-laki)

c. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Maghrib – 2 rakaat

d. Membaca dzikir sore

e. Mempersiapkan diri untuk shalat Isya lalu melangkahkan kaki menuju masjid

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa yang bersuci/berwudhu kemudian berjalan menuju salah satu dari rumah-rumah Allah untuk menunaikan salah satu kewajiban dari kewajiban Allah, maka langkah-langkahnya akan menggugurkan kesalahan dan yang lainnya mengangkat derajatnya”. (Muslim)

9. Agenda pada waktu shalat Isya

a. Menjawab azan untuk shalat Isya kemudian menunaikan shalat Isya secara jamaah di masjid

b. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Isya – 2 rakaat

c. Duduk bersama keluarga/melakukan silaturahim

d. Mendengarkan ceramah, nasihat dan untaian hikmah di Masjid

e. Dakwah melalui media atau lainnya

f. Melakukan mudzakarah

g. Menghafal Al-Quran

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran dengan berkomitmen sesuai dengan kemampuannya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan bacaan maka telah menuai kebaikan berlimpah insya Allah.


Apa yang kita jelaskan di sini merupakan contoh, sehingga tidak harus sama persis dengan yang kami sampaikan, kondisional tergantung masing-masing individu. Semoga ikhtiar ini bisa memandu kita untuk optimalisasi ibadah insya Allah. Allahu a’lam

Jazaakillah

Sedikit revisi dari : http://www.al-ikhwan.net/agenda-harian-ramadhan-menuju-bahagia-di-bulan-ramadhan-2989/

Isi Blog

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.